Sukabumi Update

Wabup Sukabumi: Menko Kemaritiman Datang ke Cisolok Diundang Aji Troy

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (19/3/2019).

BACA JUGA: Bicara Benur Dihadapan Nelayan Sukabumi, Menko Luhut Ingin Buat Penangkaran

Banyak hal yang dibahas oleh Menteri Luhut pada kunjungan kali ini. Mulai dari infrastruktur, pendidikan, peningkatan kepariwisataan berbasis ekonomi kreatif, kesejahteraan nelayan dan petani serta optimalisasi penggunaan Dana Desa.

"Kunjungan Menko Kemaritiman di Cisolok atas undangan tokoh nelayan, yaitu Aji Troy, Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Sukabumi," kata Adjo melalui keterangan tertulis yang diterima sukabumiupdate.com, Selasa (19/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Adjo mengaku sudah menyampaikan beberapa harapan yang diinginkan masyarakat, terutama para nelayan kepada Menteri Luhut. Bahkan Adjo juga meminta pemerintah pusat untuk segera merealisasikan bantuan pembangunan dermaga.

"Khusus di Kecamatan Cisolok, mengharapkan Tempat Pelelangan Ikan atau TPI yang memadai segera dibangun. Kemudian pemeliharaan dermaga dan pembangunan dermaga membutuhkan anggaran yang cukup tinggi. Oleh karena itu kami mengharap bantuan dari pemerintah pusat," kata Adjo.

BACA JUGA: Menteri Luhut Akan Kumpulkan Nelayan Cisolok Sukabumi

Adjo saat itu juga mendampingi Luhut melihat langsung kondisi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok. Banyak kapal dan perahu tidak bisa berlabuh di dermaga dan kolam yang dulu digunakan berlabuh, karena kolamnya sudah dangkal, bahkan menjadi daratan akibat adanya sedimentasi dan tidak adanya breakwater. 

"Para Nelayan usul untuk pembangunan PPI dengan kegiatan pembangunan breakwater, pengerukan kolam, perpanjangan dermaga, jalan masuk dan bangunan lainnya. Atas usulan tersebut Menteri Luhut menyanggupi dan akan menindaklanjuti. Alhamdulillah, senang hati kita mendengarnya, Karena sejak tahun 2012, PPI ini tidak ada perbaikan dan pemeliharaan, sekalipun setiap tahun diusulkan," ungkap Adjo.

BACA JUGA: Marwan Minta Ini ke Menko Kemaritiman, Luhut Jawab Sukabumi Indah

"Jika ini dibangun bisa menampung seluruh armada kapal milik nelayan Cisolok yang jumlahnya lebih dari 1.000, yang sekarang sebagian banyak berlabuh di PPN Palabuhanratu. Letaknya 20 kilometer dari PPI Cisolok. Semoga respon positif dari Pak Menteri Luhut bisa segera terealisasi," pungkas Adjo.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI