Sukabumi Update

UPTD Puskesmas Cipari Cicurug Sukabumi Berbenah Jelang Akreditasi

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang akreditasi puskesmas tahun 2019, UPTD Puskesmas Cipari, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi galang komitmen. Penggalangan komitmen ditandai dengan pembubuhan tanda tangan bersama aparat setempat lintas sektoral di Aula Desa Cisaat, Jumat (29/3/2019).

BACA JUGA: Jelang Akreditasi, Puskesmas Buniwangi Sukabumi Galang Komitmen Lintas Sektoral

Kepala UPTD Puskesmas Cipari, Ade Rahman menyebutkan, ada tiga kriteria atau tiga tata yang harus dipersiapkan, serta dilengkapi jelang akreditasi. Pertama tata graha untuk bangunan gedungnya, kedua tata kelola dan ketiga tata naskah seperti surat menyurat dan semacam manajemen kelengkapan SOP dan lain sebagainya.

"Meskipun kondisi bangunan seperti ini, namun kita tetap optimis untuk mendapatkan sertifikat pengakuan dari Kementerian Kesehatan, bahwa kita layak untuk melayani atau teregistrasi. Sehingga kita berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap pasien," ungkap Ade kepada sukabumiupdate.com.

"Kita kan keadaannya seperti ini, dari mulai gedung, ruangan-ruangan kita apa adanya. Suka tidak suka kita harus ikut akreditasi. Kalau tidak ikut kita akan di merger. Kemungkinan kita akan ke Puskesmas Cicurug yang sudah terakreditasi," lanjut Ade.

BACA JUGA: Persiapkan Akdreditasi, UPTD Puskesmas Waluran Sukabumi Mulai Bebenah

Ia memaparkan, penilaian akreditasi terdiri dari tingkat dasar, tingkat madya, utama, dan yang paling bagus tingkat paripurna. Ade optimistis dengan penggalangan dukungan lintas sektoral, UPTD Puskesmas Cipari yang melayani Desa Mekarsari, Tenjolaya, Cisaat, Caringin dan Bangbayang itu akan mendapat pengakuan, lebih-lebih mendapat akreditasi.

"Kita belum dapat sertifikat penilaian dasar, madya, utama atau paripurna. Tapi kita berusaha tetap, kita semangat untuk meningkatkan mutu, sarana dan prasarana. Meskipun puskesmas kita kecil, tetap kita berusaha pas akreditasi nanti. Targetnya Paripurna," ungkap Ade.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI