Sukabumi Update

Apresiasi Bupati Terhadap Poktan Bawang Putih Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Selain memiliki kekayaan alam yang luar biasa, Kabupaten Sukabumi juga unggul dalam potensi pertanian seperti pertanian bawang putih di Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut (MDPL) terdapat hamparan kebun bawang putih yang bernilai ekonomis tinggi.

Usai melaksanakan salat Jumat Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengunjungi tempat tersebut untuk menyaksikan panen bawang putih, Jumat (12/04/2019).

BACA JUGA: Kebutuhan Meningkat, Harga Cabai Merah dan Bawang Putih di PSM Palabuhanratu Naik

Marwan menjelaskan bahwa demplot bawang putih dengan hasil seperti ini dimungkinkan akan dikembangkan lebih lanjut dibeberapa daerah di Sukabumi

"Ini salah satu program penguatan pertanian yang akan didorong, Sehingga masyarakat bisa diberdayakan, apalagi nanti jalan tol beres" terangnya.

Bupati mengapresiasi upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi karena telah berhasil membina Kelompok Tani (Poktan) Rahayu Satu Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja.

"Ini adalah konsep agro wisata, tinggal memanfaatkan ruangnya sehingga bukan bawang putih saja atau sayuran dan buah-buahan namun ada ruang bermain dan berwisata kuliner nantinya" tambahnya.

Ditempat yang sama ketua Poktan Rahayu Satu Ece Royani mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Sukabumi melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi.

"Awalnya saya agak pesimis terlebih kami melakukan demplot dengan mendatangkan bibit dari Taiwan, namun hari ini saya bersyukur upaya yang kami lakukan tidak sia sia dengan hasil yang luar biasa," terangnya.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah Merangkak Naik, Rp 36 Ribu Per Kg di Pasar Cibadak Sukabumi

Ece mengaku, dirinya tidak kesulitan mendapatkan pasar untuk menjual hasil pertaniannya. 

"Sampai hari ini saja sudah banyak yang pesan sehingga untuk pasar tidak kesulitan, harga untuk benih bawang putih saat ini bisa mencapai Rp 40-60 ribu per kilogram," ujarnya.

Diketahui bahwa pemerintah pusat secara global untuk target swasembada atau ekspor bawang putih akan dilaksanakan ditahun 2021.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI