Sukabumi Update

Bimtek MOLL DPPKB Kabupaten Sukabumi, Cegah Stunting dengan Pengasuhan 1000 HPK

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Operasional Lini Lapangan (MOLL) bagi petugas lini lapangan KB di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini diikuti oleh TPD dan TPPD Kabupaten Sukabumi dengan materi pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan program Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Kasi Advokasi Pergerakan Institusi Masyarakat, DPPKB Kabupaten Sukabumi, Syaifuddin, menjelaskan, gambaran umum terkait materi pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan dan program KKBPK ini yakni mengenai masa kehamilan dan dua tahun setelah kelahiran. Menurutnya anak membutuhkan kebutuhan baik dari aspek fisik maupun psikis termasuk kebutuhan kesehatannya, sehingga pada generasi yang akan datang, anak-anak tidak mengalami kerdil atau stunting.

BACA JUGA: Hari Gizi Nasional, Ini Upaya Dinkes Kabupaten Sukabumi Turunkan Stunting

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan semua petugas lini lapangan (pengelola KB) menguasai tentang materi stunting dan diimplementasikan atau disampaikan lagi kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengerti dan dapat mengantisipasinya sehingga tidak terjadi stunting," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (24/4/2019).

Lebih lanjut, Syaifudin, menyebutkan materi lainnya yakni tentang KKBPK yang didalamnya mencakup semua program KB yang menjadi fokus DPPKB Kabupaten Sukabumi saat ini. 

"Antara lain tentang antisipasi pernikahan dini, pengendalian kelahiran, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI