Sukabumi Update

LIPI akan Kembangkan Wisata Malam di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menerima silaturahmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Pendopo Sukabumi, Selasa (7/5/2019). Silaturahmi LIPI tersebut, dipimpin langsung oleh kepada Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito.

BACA JUGA: Laut Terpisah di Suramadu, Peneliti LIPI: Air Mineral dan Sirup

Tujuan silaturahmi itu, membahas penelitian dan pengembangan pembangkit listrik tenaga air tipe forteks di kawasan geopark, sebagai tindak lanjut penandatanganan kerjasama LIPI dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Setelah kerjasama yang pertama di bidang pertanian di realisasikan, sekarang kerjasama yang kedua di bidang energi, diantaranya pengembangan pembangkit listrik tenaga air mikro hidro," ungkap Mego Pinandito.

Ia berharap setelah disosialisasikan, proses alih teknologi, nanti masyarakat bisa memanfaatkan dan mengembangkan secara mandiri. "Lokus kegiatan alih teknologi ini adalah wilayah Geopark Ciletuh, yang akan kita proyeksikan sebgai laboratorium lapangan," jelasnya.

BACA JUGA: Diseminasi Iptek, Duet Lipi dan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyatakan bahwa Pemkab Sukabumi terus mengimplementasikan ikhtiar percepatan pembangunan, sambil menyusun formula yang tepat dalam pengembangan dan pemberdyaaan potensi yang ada di 47 kecamatan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Terkait pengembangan wilayah geopark, tentu kami sangat berharap dukungan LIPI dalam bidang teknologinya, karena kita ketahui potensi geopark sangat besar khususnya kepariwisataan, pengembangan potensi kawasan akan lebih optimal jika didukung teknologi yang memadai," terang Marwan.

Salah satu segmentasi geopark yang sedang dikembangkan, tambah Marwan adalah konsep wisata di waktu malam.

"Di malam hari keindahan geopark sangat luar biasa, karenanya pengembangan pembangkit listrik tenaga air tipe forteks di kawasan geopark oleh LIPI menjadi sangat strategis dan diyakini bisa memberdayakan keindahan geopark, sehingga akhirnya lebih mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukabumi didampingi sekretaris daerah menyerahkan Plakat kepada ketua rombongan LIPI.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI