Sukabumi Update

Bertruk-truk Sampah Diangkut dari Pantai Loji Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat beserta lembaga pemerintahan hingga Ormas terlibat dalam aksi membersihkan sampah yang mengotori Pantai Loji, di Kampung Sawah Garung, Desa Loji, Kecamatan Simpenan , Kabupaten Sukabumi, Jumat (24/5/2019).

Banyaknya masyarakat serta lembaga yang turut serta dalam aksi ini setelah mendapat undangan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri.

"Pak sekda kemarin mengundang semua unsur termasuk dari LSM, OKP, pemerintahan setempat juga diundang, dari Pihak PLTU juga hadir dengan menerjunkan satu pick up dan wheel loader," ujar kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi Denis Eriska.

BACA JUGA: Siapa Peduli? Yuk, Ikut Aksi Bersih Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Dalam aksi ini, pihaknya memfokuskan pembersihan terhadap sampah-sampah non organik seperti kain dan plastik. Sampah yang terkumpul selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). Dari aksi bersih-bersih ini, sampah yang dikumpulkan sebanyak dua dump truk dan dua pick up.

Sementara untuk sampah kayu dan ranting dibakar hingga hangus lalu dikubur dipinggir pantai.

BACA JUGA: Pantai Loji Sukabumi Super Kotor, Camat Usul Bangun Pintu Air di Sungai Cimandiri

Denis berharap masyarakat sadar bahwa permasalahan sampah menjadi tanggung jawab dan kewajiban bersama bukan dari dinas semata. 

Aksi bersih-bersih sampah ini akan dilakukan lagi setelah Idul Fitri. Dalam hal ini, DLH sudah memikirkan rencana untuk menempatkan petugas kebersihan di Pantai Loji seperti yang sudah berjalan di Pantai Citepus.

Denis meminta masyarakat dan pemerintahan setempat, setelah aksi ini kebersihan Pantai Loji dijaga.

"Intinya perilaku masyarakat membuang sampah baik ke pantai khususnya ke sungai belum berubah sampah akan terus menumpuk meskipun volume sampah berkurang dari dari sebelumnya," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI