Sukabumi Update

Bupati Sukabumi Minta Pancasila Diimplementasikan di Kehidupan Sehari-hari

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara peringati hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi dipusatkan di lapangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Cikembar, Sabtu (1/6/2019).

Upacara diikuti seluruh instansi pemerintahan, Polri dan TNI serta Ormas. Dalam upacara peringatan Hari Pancasila ini, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menjadi inspektur upacara (irup).

BACA JUGA: Hari Lahir Pancasila, Ada Insiden Bendera Jatuh di Gedung Sate

Bupati Sukabumi Marwan Hamami, meminta masyarakat bisa memahami makna dari kandungan Pancasila dalam perilaku keseharian.

"Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun dan ini menjadikan satu kebijakan nasional yang harus diperingati. Kita harusnya bukan hanya memperingati hari Lahir Pancasila ini, tetapi bagaimana masyarakat bisa memahami makna dari kandungan Pancasila dalam perilaku keseharian," kata Marwan usai upacara kepada awak media.

BACA JUGA: FKDB Siap Tanamkan Rasa Nasionalisme Bersendikan Pancasila, Ini Poinnya!

Menurut dia, pegangan utama bagi umat islam itu adalah Alquran. Tetapi implementasi dalam keseharian yaitu ideologi Pancasila yang menjadi alat perekat nomor satu. "Jangan sampai dalam keseharian itu keluar dari ideologi pancasila." ujar Marwan.

Lebih lanjut, Marwan mengungkapkan, Pancasila sangat erat kaitanya dengan kehidupan sehari-hari. Setiap Pancasila sangat berkaitan dengan keseharian. Adapun makna dari Pancasila adalah Persatuan Indonesia yang mengajak masyarakat untuk tabayyun dalam menghadapi sesuatu.

BACA JUGA: Jokowi: BPIP Tumbuhkan Pancasila dengan Cara Kekinian

"Contoh, jadi kalau ada berita atau kabar apapun ditanyakan dulu dari mana sumbernya, dan benar atau tidaknya. Salah satunya Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, hari Jumat harus masih kerja tetapi ada hoaks libur. tetapi bagi orang-orang yang akan mudik itu menjadi santapan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI