Sukabumi Update

Inovasi dan Program Pemkot Sukabumi Berikan Kenyamanan Pada Lansia

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan pemerintah daerah terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat lanjut usia (lansia).  

BACA JUGA: KPK Ingatkan Ini Pada Pemkot Sukabumi Agar Terhindar Dari Jerat Korupsi

Hal itu katakan Fahmi saat menghadiri sosialisasi dokumen studi kelayakan wahana lansia sejahtera yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Ruang Pertemuan Bappeda Kota Sukabumi, Kamis (27/6/2019).

Hadir dalam acara itu Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami. "Pemerintah Provinsi Jabar sedang menggiatkan studi kelayakan terkait dokumen wahana lansia sejahtera. Di mana harus ada desain dan perencanaan bagaimana penanganan dan pelayanan lansia yang dilakukan," kata Fahmi.  

Dalam acara tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi menjadi tuan rumah dalam sosialisasi yang dihadiri lima daerah lainnya di Jabar, yakni Kabupaten Sukabumi, Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA: Siap Bantu MDTA Amaliyah, Pemkot Sukabumi Minta Yayasan Selesaikan Masalah Internal

Menurut Fahmi, angka harapan hidup dari waktu ke waktu terus meningkat, sehingga jumlah lansia bertambah. Oleh karenanya pemerintah harus mempunyai inovasi dan program dalam rangka untuk memberikan kenyamanan kepada lansia.

"Khusus Kota Sukabumi ada program untuk memberikan kenyamanan kepada lansia. Di antaranya trotoar dan pedesetrian ramah lansia dan disabilitas. Selain itu, program homecare, revitalisasi posyandu, dan rumah singgah di Bandung, semua program ini mengarah kepada pelayanan kepada lansia," paparnya.

Sehingga tambah Fahmi, Kota Sukabumi termasuk salah satu daerah yang dianggap kota ramah lansia di Jabar dan nasional. Ke depan Sukabumi sebagai kota ramah lansia dapat lebih paripurna.

BACA JUGA: Tak Memiliki Kekayaan Alam Melimpah, Pemkot Sukabumi Maksimalkan SDM

''Sejauh ini program tersebut ada yang sudah berjalan dan sebagian lainnya masih bertahap dan targetnya program ini dapat dilakukan bertahap dan memberikan pelayanan terbaik kepada lansia," jelasnya.

Selain itu, dari sosialisasi dan diskusi studi kelayakan lansia ini, lanjut Fahmi diharapkan dapat melahirkan komitmen pemerintah daerah dalam layanan kepada lansia. "Hal ini juga sebagai bagian dari mewujudkan visi yakni Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI