Sukabumi Update

DPESDM dan DLH Cek Tambang di Dekat Karangpara yang Disebut Ancam Mata Air

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM), bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, menyambangi proyek pertambangan PT. Cicatih Putra Sukabumi, tepatnya di Gunung Kopi Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. 

BACA JUGA: Ramai Tagar #ripKarangNumpang, Warga Dengar Ledakan

"Kami hadir kesini atas nama pemerintah, untuk memastikan isu yang viral di masyarakat, soal lokasi tambang yang berada di atas Goa yang menjadi sumber mata air. Dan setelah kita pastikan, ternyata berita tersebut tidak benar," tutur  Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim kepada sukabumiupdate.com, Senin (1/7/2019).

Terkait adanya komplain warga adanya ledakan, kata Aam pihak perusahaan harus bisa mengukur, apakah ledakan yang dihasilkan tersebut dapat meresahkan, menganggu masyarakat atau tidak. Maka dari itu harus diberitahukan dulu ke masyarakat.

"Masyarakat pun jangan terlalu mudah terprovokasi," tambah Aam.

BACA JUGA: Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

Aam mengaku pemerintah akan selalu memantau demi keamanan, kenyamanan dan keamanan masyarakat. Lokasi tambang sendiri lanjut Aam berada di Gunung Kopi, sedangkan Goa yang menjadi sumber mata air berada di dekat Karangpara. "Secara administrasi perizinan, diharap bisa diteliti lagi oleh pengusaha," sambung Aam.

Sementara itu, Kabid Tata Lingkungan DLH Kabupaten Sukabumi, Rasyad Muhara, mengatakan, akan terus memantau aktivitas proyek tersebut sesuai dengan ketentuan.

"IUP OP nya itu kan langsung dari Provinsi, tapi kita pun akan terus pantau, dan pihak perusahaan diharapkan bisa mengedepankan aspek sosialnya dengan masyarakat," singkat Rasyad.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI