Sukabumi Update

Manfaatkan Tanah Kering, Dinas Pertanian Sukabumi Tanam Kedelai

SUKABUMIUPDATE.com - Musim tanam 2019, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, melakukan gerakan tanam kedelai perdana, di Kampung Cihurip, Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2019).

BACA JUGA: Traktor Bantuan Pemerintah Hilang, Ini Instruksi Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

"Sebagai optimalisasi pemanfaatan lahan pada musim kemarau, dalam peningkatan luas tambah tanam kedelai untuk pencapaian produksi tahun 2019, " ucap Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Sukabumi, Ajat Sudrajat kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, ini merupakan upaya program percepatan tanam Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale) yang harus ditanam pada bulan ini, meskipun dalam kondisi kekeringan.

"Kami akan terus berupaya sepanjang ada potensi air. Seperti halnya dilahan kampung Cihurip yang dekat dengan sungai, bisa juga mengambil air dengan menyedot," tuturnya.

BACA JUGA: Upaya Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Hadapai Musim Kemarau

Untuk penanaman perdana ini, kata Ajat dilakukan di wilayah Kecamatan Cibitung, mencakup 17 kelompok tani dan enam Gapoktan. Dengan luasan 600 hektar, benihnya satu hektar 50 kilogram. Selian itu, pihaknya menargetkan seluas 1300 haktar, di wilayah VI Jampankulon.

"Selain di Kecamatan Cibitung, juga ada di beberapa kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Ciracap dengan komoditas bawang merahnya. Bahkan saat ini sudah ada yang menanam seluas 30 haktar, benihnya ada dari bantuan juga swadaya," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI