Sukabumi Update

Distan Kabupaten Sukabumi Targetkan Capaian Tanam Padi Lebih 10 Ribu Hektare Per Bulan

SUKABUMIUPADET.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi gencar melakukan percepatan olah tanah dan tanam padi di sawah. Kali ini kegiatan tanam padi sawah tersebut digelar di Kampung Pasir Jati, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak bersama dengan kelompok tani poktan rukun tani.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Serahkan Bantuan 30 Unit Traktor Tangan untuk Poktan

"Di Cikakak ini luar biasa, daerah lain sudah hampir tiga bulan kekeringan. Alhamdulillah di sini masih ada air, sehingga bisa untuk percepatan tanam. Kegiatan ini kami canangkan untuk 100 hektare," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (28/8/2019).

Sudrajat menargetkan, produksi padi pada 2019 ini sebanyak 711.627 ton, dengan capaian luas panen 137.759 hektare dan luas tanam 149.928 hektare. "Sampai Juli 2019 lalu, luas panen mencapai 132.116 hektare atau 95,9 persen. Sementara luas tanam sudah mencapai 145.357 Hektar, estimasi produksi yang sudah dicapai 684.752 ton," jelasnya.

BACA JUGA: Upaya Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Hadapai Musim Kemarau

"Untuk Agustus-September ini kita menargetkan capaian luas tanam lebih dari 10 ribu hektar setiap bulan," tandasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta Dinas Pertanian untuk terus melanjutkan program percepatan olah tanah dan tanam padi sawah, karena menurutnya potensi wilayah, yang masih ada air kalau dibiarkan sangat disayangkan.

"Bibit padi juga harus diperhatikan harus yang kualitasnya bagus, supaya nanti hasilnya bagus juga. Sehingga para petani akan sejahtera," singkatnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI