Sukabumi Update

Bupati Sukabumi Cek Kualitas Proyek Jalan dan Jembatan, Minta DPU Uji Laboratorium

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Marwan Hamami meminta semua proyek infrastruktur di Kabupaten Sukabumi dikerjakan sesuai spek dan aturan. Ia bahkan ikut mengukur sendiri ketebalan aspal di ruas jalan Rancarenghas Bagbagan di Kecamatan Simpenan Kamis (29/8/2019) kemarin.

Tak puas mengukur tebal, panjang dan lebar aspal di jalan sepanjang 1,7 kilometer itu, Bupati meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) membawa sampel aspal ini untuk di uji laboratorium.

BACA JUGA: Dinas PU Ukur Tebal Aspal Jalan-jalan di Kabupaten Sukabumi yang Diperbaiki

"Iya kemarin pak Bupati ikut dalam uji fisik dan kualitas proyek jalan dan jembatan di Simpenan bersama tim teknis pengawasan DPU," jelas Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Jafar, Jumat (30/8/2019).

Asep menambahkan sampel aspal yang diambil dengan teknik coring akan dibawa ke laboratorium untuk diuji. Ini adalah aturan yang harus dijalankan lanjut Asep, untuk memastikan kualitas pengerjaan agar tidak asal-asalan.

"Amanat pak Bupati kita harus memastikan jalan jembatan dan infrastruktur yang dibangun Pemerintah Daerah dengan uang rakyat ini kualitas harus baik, sesuai spek dan aturan," sambung Asep.

BACA JUGA: Tol Bocimi Seksi II Baru 75 Persen, Bupati Sukabumi Minta Pembebasan Lahan Dipercepat

Jika dalam uji fisik ini ditemukan ketidaksesuai spek baik ukuran maupun bahan, DPU meminta kontraktor untuk melakukan perbaikan. "Kita ingin semua infrastruktur dibangun dengan baik, makanya kemarin pak Bupati minta semua pihak ikut mengawasi."

Selain jalan Rancarenghas, Marwan bersama Asep Jafar dan tim pengawas DPU juga melakukan uji fisik di dua proyek jembatan di Kecamatan Simpenan.

Jembatan cikopeng dengan panjang 8 meter dan jembatan Cipurut Seda Cibuntu sepanjang 6 meter.  

"Semuanya dicek jenis besi ketebalannya, campuran bahan adukan semen beton,  rangka jembatan. Semuanya dicek dan harus sesuai spek biar umur infrastrukturnya panjang termasuk manfaatnya bagi masyarakat Sukabumi," pungkas Asep Jafar mengakhiri percakapan melalui Whatsapp.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI