Sukabumi Update

Satpol-PP Kabupaten Sukabumi, Latih Puluhan Linmas Soal Trauma Healing Bencana

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Sukabumi memberikan pelatihan trauma healing kepada puluhan anggota Linmas, di Mako Satpol-PP, Jalan Raya Pasanggrahan, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Pelatihan itu mempersiapkan anggota Linmas dalam penanganan dampak psikologis bencana.

Kepala Seksi Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat Satpol-PP Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiq mengatakan, hal itu dilakukan guna melaksanakan sebagian fungsi Satpol-PP agar tersusun pedoman pelaksanaan program trauma healing dampak psikologis bencana bagi Satlinmas di lapangan.

"Tim Linmas trauma healing yang sudah dilatih, langsung praktek bagi korban terdampak psikologis bencana tanah longsor," ujar Okih kepada sukabumiupdate.com, Rabu (25/9/2019).

BACA JUGA: Satpol PP Kabupaten Sukabumi Awasi Pembangunan Tower di Kiaralawang

Dengan adanya kegiatan tersebut, lanjut Okih ada beberapa manfaat dan membantu salah satu tupoksi Satpol-PP dalam pelaksanaan pergerakan anggota Satlinmas. Selain itu juga membantu potensi masyarakat dalam mendukung tugas, terkait penanggulangan bencana dan pemeliharaan ketertiban umum serta ketentraman masyarakat, sehingga terbentuk regu Satlinmas terampil trauma healing.

"Mudah-mudahan anggota Linmas yang telah mengikuti pelatihan ini memiliki keterampilan dalam meningkatkan peran Satlinmas. Terbentuk regu Satlinmas trauma healing siaga bencana yang benar benar-benar terlatih," jelasnya.

BACA JUGA: Satpol PP Kabupaten Sukabumi Bakal Bertindak Tegas Soal Pembangunan BTS di Cicurug

Sehingga, sambung Okih nantinya saat dilapangan Linmas, yang sudah terlatih bisa membantu mengurangi resiko terhadap korban bencana secara psikologis dan mampu memotivasi para korban.

"Untuk materi pelatihan, dinamika kelompok proses munculnya trauma sumber dan tahapan terjadinya trauma, kebijakan penanggulangan bencana, teknik trauma healing dan teknik relaksasi sederhana," pungkasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI