Sukabumi Update

Wabup Sukabumi: Pengawasan Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siswaskeudes Lebih Efektif

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono membukaan workshop hasil piloting aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) di Kabupaten Sukabumi. Workshop yang dilaksanakan di Aula Setda-Palabuhanratu tersebut dihadiri oleh Inspektur se Jawa Barat.

BACA JUGA: Hadiri CSS XIX AKKOPSI 2019, Adjo: Semangat Meningkatkan Derajat Kesehatan

Adjo menjelaskan, aplikasi Siswaskeudes yaitu sebagai alat bantu bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk melaksanakan pengawasan dalam hal perencanaan pembangunan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung-jawaban pengelolaan keuangan desa secara digital.

Sehingga, kata Adjo dapat mempermudah dalam menyajikan laporan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Saya sangat mengharapkan pengembangan aplikasi ini dapat terus berlanjut kedepannya agar dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa lebih kredibel, tepat, akurat, transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran," ungkapnya. 

BACA JUGA: Hari Pangan Sedunia ke-39, Kabupaten Sukabumi Raih Dua Penghargaan

Kegiatan ini diikuti oleh 18 kabupaten dan 1 kota se Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, dan Kota Banjar.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga penyerahan plakat dari BPKP Pusat Kepada Wakil Bupati Sukabumi.  Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan Dan Tatakelola Pemerintahan Desa BPKP, Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Desa Dan PDT RI, Kepala DPMD Prov. Jabar, Inspektur Kab. Sukabumi, Kepala DPMD Kab. Sukabumi serta tamu undangan lainnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI