Sukabumi Update

Paling Banyak di Komisi 2 dan 5, Ini Bidang Kerja Wakil Sukabumi di DPRD Jawa Barat

SUKABUMIUPDATE.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat telah merampungkan alat kelengkapan dewan (AKD). Delapan orang wakil Sukabumi kota dan kabupaten (daerah pemilih Jabar V) yang duduk di DPRD Jawa Barat tersebar di sejumlah komisi yang menjadi bidang kerjanya sebagai legislatif. 

Dikutip dari website resmi DPRD Jawa Barat, Wakil rakyat dari Sukabumi ternyatapaling banyak duduk di Komisi 2 dan 5. Komisi 2 yang membidangi perekonomian, meliputi: Perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Koperasi dan Pengusaha Kecil serta Pariwisata.

BACA JUGA: Sikap Dua Anggota DPRD Jabar Asal Sukabumi, Soal KSU Jampang atau Susukecir?

Ada tiga wakil Sukabumi di komisi 2, yaitu dua dari Fraksi Partai Gerindra Lina Ruslinawati dan HA Sopyan BHM, satu lainnya adalah Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Hendar Darsono. 

“Insya Allah siap. Di komisi dua saya bisa memberikan sumbangsi lebih besar bagi Sukabumi dan Jawa Barat khususnya dibidang perekonomian,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (2/11/2019).

BACA JUGA: Yudha dan Adjo Bertemu Wakil Sukabumi yang Dilantik Sebagai Anggota DPRD Jabar

Di Komisi 3 DPRD Jabar ada wakil Sukabumi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hasim Adnan. Warga Gunung Puyuh Kota Sukabumi ini mendapat tugas di bidang Keuangan, meliputi: Pendapatan Asli Daerah (Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil BUMD dan Pengelolaan Kekayaan Daerah dan Harta lainnya yang dipisahkan, lain-lain PAD yang sah), Dana Perimbangan (PBB, Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Penerimaan Sektor Kehutanan, Pertambangan Umum dan Perikanan, Penerimaan dari Pertambangan Minyak dan Gas Alam), Pajak Air, Pinjaman Daerah, Perbankan, Dunia Usaha, Otorita, Pemberdayaan dan Pengembangan BUMD, serta Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri, dan lain-lain penerimaan yang sah.

Selanjutnya ada Phinera Wijaya politikus senior Partai Golkar yang kembali menjadi anggota DPRD Jabar dari dapil 5 Kota dan Kabupaten Sukabumi pada pemilu 2019 silam. Phinera ditugaskan partainya di Komisi 4, Bidang Pembangunan, meliputi: Pekerjaan Umum (Kebinamargaan, Pengairan, Tata Ruang dan Pemukiman), Perencanaan dan Pengendalian, Pembangunan Regional, Pengelolaan Pelabuhan Laut dan Udara Regional, Perhubungan dan Telekomunikasi, Pertambangan dan Energi, Perumahan Rakyat, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Pengendalian dan Perlindungan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA: Prediksi Hasil Pileg DPRD Jabar, Tiga Anggota Dewan Kabupaten Sukabumi Naik Kelas

Tiga wakil Sukabumi lainnya ditugaskan partai masing-masingnya di Komisi 5 Bidang Kesejahteraan Rakyat, meliputi: Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri Strategis, Ketenagakerjaan termasuk perlindungan TKI, Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga, Agama, Sosial, Kesehatan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Transmigrasi serta Penanganan Penyandang Cacat dan Anak Terlantar.

Di komisi 5 DPRD Jabar ini ada Dessy Susilawati dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Abdul Muiz dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Muhammad Jaenudin dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI