Sukabumi Update

Tugas Khusus Satpol PP Dalam Pengamanan Pilkades Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Sukabumi, menerjunkan sebanyak 95 personel untuk mengamankan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 se Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Tugas Khusus Satpol PP Dalam Pengamanan Pilkades Kabupaten Sukabumi

Puluhan personel Satpol-PP ini disebar ke 240 desa yang melaksanakan Pilkades gelombang III serentak pada 17 November 2019 mendatang. Anggota Satpol PP ini, sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dasar pengamanan dan penanganan jika terjadi potensi gangguan keamanan pada saat kampanye, pemungutan, serta penghitungan suara calon kepala desa.

"Hari ini, personel kami sudah disebar di 240 desa di 47 kecamatan. Namun kegiatannya hanya melakukan pemantauan dan pengawasan kampanye calon kepala desa," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Bambang Dwi Laksono di aula Praja Wibawa Satpol PP, Senin (11/11/2019).

Anggota Satpol PP melaksanakan tugas pengamanan kampanye salah satu bakal calon kades.//FOTO: ISTIMEWA.

Menurut Bambang, seluruh personel itu ditambah anggota dari kecamatan, dan dalam pelaksanaannya nanti akan dibantu juga anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa, yang merupakan binaan markas komando Satpol PP Kabupaten Sukabumi.

"Jumlah personel Satpol PP yang terdapat di Mako Kabupaten Sukabumi sangat minim. Jadi, kita minta tambahan kekuatan personel yang bertugas di setiap kecamatan. Termasuk anggota Linmas desa untuk membackup-nya," ucap Bambang. 

BACA JUGA: Satpol-PP Kabupaten Sukabumi, Latih Puluhan Linmas Soal Trauma Healing Bencana

Jelang perhelatan pesta demokrasi tingkat desa ini, kata Bambang seluruh kekuatan personel pengamanan sudah dipersiapkan sejak awal memasuki tahapan Pilkades. Mulai dari tahapan pendaftaran di panitia tingkat desa, uji kompetensi, tes kesehatan, tes bebas narkoba, pengundian nomor urut calon kepala desa, hingga saat ini masa kampanye calon kepala desa.

"Setiap tahapan, personel kami selalu mengikuti, karena termasuk unsur yang terlibat dalam perhelatan Pilkades ini. Insya Allah personel Satpol PP sudah siap melaksanakan tugas bersama jajaran samping (TNI/Polri) dalam mengawal tahapan kampanye calon kepala desa sampai pemungutan dan penghitungan suara pada 17 November nanti," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI