Sukabumi Update

120 Rutilahu di Desa Parakansalak, Baru Tiga yang Dibantu Dinsos Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dari 120 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang tercatat di Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, baru tiga yang mendapatkan bantuan renovasi dari Dinas Sosial. 

BACA JUGA: Dinsos Kabupaten Sukabumi Anggaran Rp 16 Miliar untuk 1.600 Rutilahu

"Ada tiga rumah di desa kami yang mendapat bantuan rutilahu tahun ini," ujar Sekertaris Desa Parakansalak, Sri Susanti kepada sukabumiupdate.com, Selasa (12/11/2019).

Sri menjelaskan, rutilahu yang sedang direnovasi di desanya itu masuk dalam kategori rusak berat, karena kondisi ketiga rumah itu berlantai tanah dan berdinding bilik. Kini pembangunannya sudah mencapai 80 persen. "Kondisi sangat rusak, biliknya sudah bolong-bolong," kata Sri.

Ketiga rumah tersebut tersebar di tiga kampung diantaranya, Kampung Cisarandi atas nama Ibu Hae, Kampung Sirnamukti atas nama Ibu Emun, dan Kampung Cikareo atas nama Bapak Bae. Karena masuk dalam kategori rusak berat, sehingga masing-masing rumahnya mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 10 juta. 

BACA JUGA: 39 Rutilahu di Warungkiara Sukabumi Direhab, Dinsos Beri Rp 10 Juta Per Rumah

"Proses pembangunannya swadaya, jadi semuanya dana yang diberikan Dinas Sosial dibeli barang," ungkapnya.

Sri mengaku sangat senang dengan bantuan yang digelontorkan kepada tiga rumah tersebut. "Alhamdulillah kami bisa membantu warga yang kondisinya sangat membutuhkan," tandasnya.

 

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI