Sukabumi Update

Digembleng DLH, Lima Sekolah di Kabupaten Sukabumi Raih Adiwiyata Pemprov Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Lima sekolah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, memperoleh penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Uji Pengolahan Limbah Tambak Udang Citarate Sukabumi, DLH: Belum Berizin

Lima sekolah yang mendapatkan penghargaan itu yakni, SMA Darul Amal Jampang Kulon, SMK Samudra Cisolok, SDN Sindang rasa Cikidang, MI Kadupugur Kadudampit, dan SMA 1 Cikidang. Sebelumnya kelima sekolah itu diberikan Bimbingan Teknik (Bimtek) oleh DLH. 

"Selanjutnya kemungkinan nanti di tahun 2020, kelima sekolah ini akan diusulkan sekolah Adiwiyata tingkat nasional," ujar Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Pengelola Lingkungan pada DLH Kabupaten Sukabumi, Dede Jaenudin kepada sukabumiupdate.com, Selasa (3/12/2019).

Sebelum memasukin ke tingkat nasional, kata Dede, sekolah-sekolah yang mendapatkan penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat ini akan terlebih dahulu dievaluasi oleh DLH Kabupaten Sukabumi. 

"Tapi kita juga kembalikan lagi ke pihak sekolah kesiapan diikut sertakan dalam sekolah Adiwiyata tingkat nasional 2020 nanti. Evaluasi selanjutnya akan berkordinasi dengan dinas pendidikan," jelasnya.

BACA JUGA: Dukung GCP, DLH Kabupaten Terapkan Gerakan Sukabumi Bestari

Menurut Dede, ada beberapa kriteria dan sesuai peraturan menteri nomor 15 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan sekolah Adiwiyata. Yakni kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum yang berbasis lingkungan, pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan, partisifatif warga sekolah terhadap kebersihan sekolah anak didik, guru dan warga lingkungan sekitar sekolah.

"Tujuan dari sekolah Adiwiaya ini untuk memberikan edukasi kepada anak-anak didik di sekolah sehingga nantinya kebiasaan hidup bersih bisa diaplikasikan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing dan berdampak terhadap kehidupan masyarakat hidup bersih," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI