Sukabumi Update

Ruang Kelas Ambruk, DPRD Kabupaten Sukabumi Singgung Besarnya Anggaran Pendidikan

SUKABUMIUPDATE.com - DPRD Kabupaten Sukabumi prihatin dengan masih adanya kejadian sekolah ambruk. Dalam satu pekan ini saja, ada dua SD yang kelasnya ambruk.

Pertama SDN Sangkalih, Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi yang salah satu kelasnya ambruk setelah diguyur hujan deras dan angin kencang pada Selasa (3/12/2019) sekitar pukul 17.15 WIB. Kemudian, ruang kelas III SDN Cikaramat, Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, ambruk pada Kamis (5/12/2019) sekitar pukul 10.15 WIB.

BACA JUGA: Dikosongkan Empat Bulan, Ruang Kelas SDN Cikaramat Sukabumi Ambruk

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Komisi IV Agus Zen mengaku prihatin dengan kejadian tersebut sebab di sisi lain pemerintah daerah sudah memberikan anggaran pendidikan yang cukup besar.

"Anggarannya cukup besar yaitu 20 persen dari total anggaran belanja daerah setiap tahun," ujar Agus kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Diguyur Hujan, Atap SDN Sangkalih Gegerbitung Sukabumi Ambruk

Dia berharap, ke depan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi harus melakukan pemetaan atau mapping terhadap sekolah-sekolah yang memang sudah tidak layak digunakan agar secepatnya ada solusi.

"Saya harap Pemerintah Daerah terutama Disdik tidak boleh main-main dalam urusan pendidikan, kami akan terus berupaya mendorong Pemda agar pendidikan di Sukabumi lebih baik dan lebih berkualitas," jelasnya.

BACA JUGA: Siswa Terkejut, Atas Kelas SDN Kiarajangkung Sukabumi Ambruk

Menurut dia, pemerintah daerah khususnya Disdik harus memilki target pembangunan sarana dan prasasara pendidikan di Kabupaten Sukabumi. Disamping itu harus ada tindakan-tindakan preventif agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Sebab kejadian ambruknya kelas sangat berbahaya bagi keselamatan guru dan siswa.

"Bangunan sekolah ambruk sangat membahayakan dan bisa mengancam nyawa siswa dan guru. Pemerintah harus serius mengurus dan membenahi urusan pendidikan, karena pendidikan adalah pilar pembangunan dan peradaban bagi sebuah bangsa, semakin berkualitas pendidikan sebuah bangsa maka akan semakin cepat kita sampai kepada tujuan bernegara," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI