Sukabumi Update

Rakornas Bersama Jokowi, Andri Hamami Beberkan Antisipasi Renternir di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro 2019 di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

BACA JUGA: Pesan Andri Hamami pada Festival Sukabumi Edun Euy

Rakornas TPAKD tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini ditunjukan untuk mendorong percepatan akses keuangan masyarakat, baik untuk akses menabung dan kredit dalam peningkatan kesejahteraan.

Dalam arahannya Jokowi mendorong agar anak-anak sejak dini dari SD, SMP hingga SMA/SMK diedukasi menabung dan bisa mengakses ke perbankan. Di sisi lain untuk urusan kredit, presiden menyebut sudah ada program Bank Wakaf Mikro, yang saat ini ada di 55 pondok pesantren dan akan terus ditambah.

"Pemkot siap mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam percepatan akses keuangan masyarakat. Misalnya mendorong penyaluran kredit untuk sektor informal melalui Bank Wakaf untuk mendongkrak usaha mikro masyarakat," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami.  

BACA JUGA: Kejar Realisasi Koperasi di Seluruh Kelurahan se Kota Sukabumi, Andri Dorong Kader PKK

Pembiayaan mikro ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena tidak hanya didukung pemda melainkan bank wakaf. "Makin cepatnya akses keuangan di daerah supaya kesejahteraan merata dan mengantisipasi rentenir serta mendorong peningkatan penyerapan kredit usaha rakyat (KUR),'' katanya. 

Sejumlah peluang ini, sambung Andri harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Apalagi di Kota Sukabumi juga ada kredit Anyelir yakni Anti Nginjeum ke Rentenir.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI