Sukabumi Update

Resmi Pensiun, Stoom Walls Usia Setengah Abad Milik DPU Sukabumi Kini Jadi Monumen

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi meresmikan monumen stoom walls. Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.  

BACA JUGA: Hari Bakti PU ke-74, DPU Kabupaten Sukabumi Resmikan Tiga Bangunan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar mengatakan, monumen stoom walls, yang dibangun tepat di depan kantor Dinas PU tersebut merupakan simbol sejarah pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Sukabumi ini memiliki sejarah panjang. Nah, untuk mengenang perjuangannya kami abadikan di monumen stoom walls ini," ujar Asep Jafar kepada sukabumiupdate.com, usai mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Bhakti PU ke-74, Rabu (11/12/2019).

Pria yang akrab disapa Asjap ini menjelaskan, stoom walls ini merupakan hasil karya anak bangsa yang dibuat pada tahun 1968 dan mulai tidak dipakai sejak 2015 karena sudah rusak.

"Alat berat ini sudah lama tidak terpakai, makanya kami jadikan monumen yang dibangun di halaman depan kantor Dinas PU secara permanen ditembok coran dengan tinggi 2 meter," paparnya. 

BACA JUGA: DPU Kejar Target 2019! 950 Km Jalan Kabupaten di Sukabumi Harus Dalam Kondisi Baik

Selian itu, tambah Asjap monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pegawai PU terdahulu, yang sudah pensiun atas perjuangannya, semangat pantang menyerah, keberanian, dan pengorbanannya dalam membangun jalan di wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Mudah-mudahan ini akan selalu menjadi motivasi dan inspirasi bagi insan PU dalam menjalankan tugasnya di masa yang akan datang," pungkasnya.

Monumen stoom walls ini sebelumnya sudah digunakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Seperti di kantor perwakilan wilayah Sukabumi di Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi dan Cianjur Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.   

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI