Sukabumi Update

Achmad Fahmi Ajak Karang Taruna Bebenah Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, keberadaan Karang Taruna diharapkan bisa bersinergi dalam rangka percepatan pembangunan di Kota Sukabumi.

"Berkali-kali saya menyampaikan, bahwa Sukabumi ini adalah Sukabumi kita, bukan Sukabumi saya, dan bukan Sukabumi kalian. Maka dari itu, mari kita sama-sama melakukan pembenahan," kata Fahmi usai menghadiri Temu Karya Karang Taruna ke III, di balai Kota Sukabumi, Minggu (12/1/2020).

BACA JUGA: Terpilih, Raden: Banyak Karang Taruna Tingkat Kelurahan di Kota Sukabumi Belum Aktif

Menurut Fahmi, peran elemen masyarakat khususnya di era dynamic government tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Sebab, dynamic government itu sambung Fahmi, adalah gaya kepemimpinan yang mendorong kolaborasi, tidak hanya pemerintah sebagai subyek tetapi berbagi kemitraan atau bekerja bersama dalam pembangunan.

"Hal ini sesuai konsep pentahelix yakni akademisi, bisnis, community, government, dan media (ABCGM). Semua unsur terliibat termasuk didalamnya karang taruna," paparnya.

BACA JUGA: Semangat Karang Taruna Citamiang Sukabumi Bersihkan Sungai dari Sampah

Apalagi sejatinya karang taruna itu, kata Fahmi harus terlibat aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Tentunya sesuai ranah dan kompetensinya. 

"Karang taruna diharapkan menjadi jembatan dari berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan yang terjadi. Dengan adanya temu karya ini mudah-mudahan melahirkan ketua yang sesuai dengan makna Aditya Karya Mahatva Yodha. Pemuda yang cerdas, berkepribadian, berpengetahuan, dan terampil," paparnya.

BACA JUGA: 49 Tim Sepak Bola Sukabumi Selatan Perebutkan Piala Karang Taruna Pelangi Muda

Ia menegaskan karang taruna bisa bersinergis, sehingga kedepan percepatan pembangunan ini bisa terwujud ketika semua elemen mau turun, mau berbuat dan mau bekerja. "Sehingga kami berharap bisa melakukan percepatan pembangunan bersama pemerintah Kota Sukabumi," tandasnya.

Sementara itu, ketua penyelenggara temu karya III karang taruna tingkat kota, Ade Suryadi menambahkan, pemilihan ketua karang taruna Kota Sukabumi periode 2020-2025 ini berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Karang Taruna Kelurahan Gunungpuyuh Galang Dana untuk Korban Kebakaran Ponpes Al-Irfaniyah

"Alhamdulilah berjalan dengan baik. Tadi ketua terpilih kang Raden Kusumo Hutaripto secara aklamasi. Mudah-mudahan beliau dapat bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan amanah serta arahan wali kota, lebih baik lagi dan lebih maju," singkatnya.

Turut hadir dalam Temu Karya Karang Taruna, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Anggota DPRD Kota Sukabumi Dani Ramdani dan Iwan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat Subchan Daragana.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI