Sukabumi Update

Atap SMPN 1 Cidadap Sukabumi Roboh, Disdik: Diperbaiki Melalui DAK 2020

SUKABUMIUPDATE.com – Atap ruang kelas SMPN 1 Cidadap Kabupaten Sukabumi Kamis (27/2/2020) malam akhirnya ambruk. Kerusakan ini sudah terdeteksi sejak pagi sehingga para siswa SMPN 1 yang berada di Kampung Rawabening RT 06/04 Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi ini sudah dievakuasi ke ruang lain, karena saat itu atap bangunan terlihat miring nyaris ambruk.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi membenarkan jika ruang kelas SMPN 1 Cidadap ini ambruk akibat cuaca ekstrim. “Kami dapat laporan sehari sebelumnya atapnya sudah miring dan bocor. Ini terjadi akibat angin kencang dan hujan deras yang melanda kawasan Sukabumi selama satu bulan terakhir,” jelas Dede Danial, Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kabupaten Sukabumi melalui aplikasi pesan singkat.

BACA JUGA: Atap SMPN 1 Cidadap Sukabumi Nyaris Roboh, Siswa Berhamburan

Dede menegaskan kerusakan ini melanda dua kelas dan siswanya sudah dievakuasi ke ruang lain agar kegiatan belajar mengajarnya tetap berlansung. “Kepala sekolah beserta guru sigap memindahkan proses pembelajaran ke ruang perpustakaan. Alhamdulillah tidak terjadi sesuatu yang dikhawatirkan, da proses belajar mengajar tetap berjalan walaupun kurang maksimal,” sambungnya.

Data Disdik menyebutkan bangunan yang atapnya roboh ini dibangun tahun 2000. Pada awal pembangunan rangka atap menggunakan kayu, tahun 2009 bangunan direhabilitasi karena rangka atapnya rapuh sehingga diganti baja ringan.

BACA JUGA: Disdik Segera Perbaiki Atap Roboh SDN Cirambutan Ciemas Sukabumi

“Gentingnya memang tidak diganti dengan multiroof karena kondisinya masih bagus. Selama 10 setelah selesai direhab, bangunan tersebut berdiri kokoh tetapi kemarin mulai parah dan akhirnya ambruk. Catatan kami robohnya ini, akibat bencana alam dan kondisi bangunan memang sudah agak lama,” tegas Dede.

Tahun 2020 ini akan kembali dilakukan rehabilitasi bangunan untuk SMPN 1 Cidadak melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). “Tim fasilitator sudah ditugaskan untuk memverifikasi seluruh bangunan sekolah penerima DAK 2020,” pungkasnya.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI