Sukabumi Update

Kemensos Kuncurkan Rp. 300 Juta Tangani Dampak Gempa Kalapanunggal di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Perlindungan Sosial Bencana Alam, Rachmat Koesnadi, mewakili Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara, didampingi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, mengunjungi korban bencana gempa, di Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kamis (12/3/2020). 

BACA JUGA: Update: Cikidang Dua Rumah Rusak, Ciambar Tidak Terdampak Gempa Kalapanunggal Sukabumi

Rachmat Koesnadi mengatakan, kedatangannya tersebut menindaklanjuti adanya gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Dalam kesempatan itu, rombongan dari Kemensos memberikan bantuan sembako dan perlengkapan tenda maupun perlengkapan tidur untuk para korban bencana.

"Bantuan tahap pertama kami sudah kucurkan Rp. 300 juta. Kalau memang dibutuhkan kami akan memberikan tambahan. Sebelumnya kami juga sudah mendrop bantuan-bantuan melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk disalurkan korban terdampak gempa baik di Kabupaten Sukabumi maupun Bogor," jelasnya.

Direktur Perlindungan Sosial Bencana Alam, Rachmat Koesnadi, memberikan secara langsung bantuan kepada korban bencana gempa di Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kamis (12/3/2020).//FOTO: ISTIMEWA. 

Sementara untuk bantuan kerusakan rumah, sambung Rachmat, apabila masif menjadi ranahnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Sedangkan dari Kementerian Sosial akan mendukung perlengkapan rumahnya," tandasnya.  

BACA JUGA: Kabandungan dan Kalapanunggal Jadi Wilayah Terdampak Paling Parah Gempa Sukabumi

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi menyebabkan ratusan bangunan yang tersebar di sejumlah kecamatan rusak. Ada lima kecamatan yang melaporkan kerusakan bangunan akibat gempa yang terjadi pada Selasa (10/3/2020) yaitu Kecamatan Kalapanunggal, Kabandungan, Cidahu, Cikidang, dan Parakansalak.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI