Sukabumi Update

Bantu Tanggulangi Covid-19, Agus Zen Minta Pangkas Anggaran Kegiatan DPRD Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Zen Nurahray, mendorong pimpinan dan meminta sekretariat dewan, segera berkordinasi dengan Banggar (Badan Anggaran) agar menggeser anggaran untuk penanganan pencegahan covid-19.  

BACA JUGA: Anggaran Darurat Covid-19 di Sukabumi, Yudha: Tak Perlu Persetujuan DPRD

Menurut dia, perlu adanya pemangkasan anggaran di beberapa pos kegiatan yang dianggap tidak signifikan. Apalagi anggota dewan khususnya anggota banggar memiliki hak budgeting yang melekat kuat, sehingga berhak mengatur pos-pos anggaran yang dianggap penting.

"Anggaran yang ada dewan untuk kebutuhan dan kegiatan operasional dewan adalah uang rakyat dan harus diperuntukan untuk kebutuhan serta kepentingan rakyat sepenuhnya," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (30/3/2020).

Apalagi dalam kondisi seperti saat ini, sambung dia sebagai anggota dewan dari Fraksi Gerindra Dapil Pajampangan dirinya merasa bertanggungjawab atas kondisi kesehatan warga Kabupaten Sukabumi. Ditambah semakin banyak warga yang pulang kampung atau mudik.

"Ini akan semakin rentan meningkatnya wabah virus corona kalau pemerintah tidak segera membuat tim percepatan penanganan wabah Covid 19 ini. Oleh karena itu, anggaran di dewan tidak boleh diendapkan atau dibuat silpa, tapi harus dipakai secara efektif untuk membantu penanganan wabah virus corona ini yang semakin masif," tegasnya.

BACA JUGA: DPRD Soroti Kinerja Tingkat Kecamatan di Kabupaten Sukabumi Soal Covid-19

Menurut Agus, anggaran ini bisa dialokasin atas arahan dan intruksi presiden (inpres) nomor 4 tahun 2020 refocusing kegiatan, realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (Covid 19).

"Segera geser alokasi anggaran ini untuk penangan wabah corona, sepertihalnya daerah daerah lain yang sudah bekerja nyata untuk rakyat. Intinya DPRD harus ikut berkontribusi mempercepat penangan wabah ini dengan memangkas anggaran, seperti perjalanan dinas atau program-program yang tidak signifikan," terangnya.

"Mari kita bersinergi dengan pemda, bergerak nyata untuk rakyat," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI