Sukabumi Update

Cek Wajib Masker, ASN Kota Sukabumi Akan Dikerahkan Saat PSBB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi merehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap SKPD dalam proses persiapan pelaksanaan pembatasan sosial berksala besar (PSBB) di Kota Sukabumi demi mencegah semakin meluasnya Covid-19.

ASN tersebut ditugaskan untuk mengecek penggunaan masker yang diwajibkan kepada warga yang masuk ke Kota Sukabumi mulai 1 Mei 2020 kemarin.

BACA JUGA: 105 Warga Membandel, Langgar Aturan Wajib Masker di Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, ASN tersebut juga bertugas untuk mengingatkan warga agar menjaga jarak atau physical distancing. ASN tersebut bertugas di titik pengecekan kewajiban menggunakan masker, yakni Jalan Cemerlang, Lembursitu, Ex Giant Ciandam Jalan RA Kosasih, Jubleg Baros, ujung Jalur Cibeureum, dan Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

''Pra PSBB, kami mengerahkan para ASN di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk bertugas di setiap cek poin secara bergantian. ASN tersebut berjumlah enam orang dan ditambah pimpinan kepala SKPD berbeda di setiap cek poin kewajiban menggunakan masker," kata Fahmi usai memantau pengecekan di Pos Pam Jalan Cemerlang, Minggu (3/5/2020).

BACA JUGA: Diminta Push Up atau Baca Doa, Ratusan Warga Terjaring Aturan Wajib Masker di Kota Sukabumi

Fahmi menuturkan, ASN yang ditugaskan tersebut bertugas ketika ada warga atau pengendara yang tidak menggunakan masker agar diminta untuk berputar arah atau tidak diperkenankan masuk ke Kota Sukabumi. Langkah tegas ini setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi wajib memakai masker sejak Selasa (28/4/2020) hingga Kamis (30/4/2020) lalu dan diterapkan Jumat (1/5/2020).

''Saya ucapkan terimakasih kepada ASN yang ikut terlibat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang berjaga di cek poin. Upaya ini sebagai bagian dari pelayanan kepada masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19," tambah Fahmi.

BACA JUGA: Pemakaian Masker di Kota Sukabumi Diperketat, Melanggar Diangkut Satpol PP

Salah satu SKPD yang bertugas di Jalan Cemerlang, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengungkapkan, pihaknya bertugas di Jalan Cemerlang sejak Jumat pagi. "Kami bertugas di Jalan Cemerlang sejak Jumat pagi dan akan terus mengingatkan warga untuk menggunakan masker," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI