Sukabumi Update

Jembatan Cibuni Baru di Cidadap Sukabumi Dibangun Tahun Ini, Lihat Spesifikasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cibuni baru yang menjadi penghubung wilayah selatan Kabupaten Sukabumi dan daerah selatan Kabupaten Cianjur akan dibangun pada tahun ini. Jembatan yang berada di perbatasan antara Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur itu akan menggantikan jembatan Cibuni yang ada saat ini. 

Secara spesifikasi, jembatan Cibuni baru ini memiliki panjang 120 meter dan lebar tujuh meter dengan konfirgurasi bentangan 30+60+30 meter. Untuk strukturnya yaitu struktur atas pada bentang 30 meter (sisi Sukabumi dan Cianjur) menggunakan PCI Girder (beton prategang). Sedangkan struktur atas pada bentang 60 meter menggunakan struktur rangka baja tipe A-60.

BACA JUGA: PU Kabupaten Sukabumi Bakal Bangun Jembatan Cibuni Baru, Kapan?

Jembatan Cibuni memiliki lebar keseluruhan 9 meter dengan lebar jalan 7 meter, dan trotoar 1 meter. Apabila dari arah Sukabumi menuju Cianjur, jembatan tersebut berada di sebelah kiri dari jembatan Cibuni yang lama.

Jembatan Cibuni dirancang sebagai jembatan kelas A dengan beban diatas BM 100. Nantinya disetiap sisi jembatan akan dibuat monumen yang menjadi icon Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Besi Penyangga Patah, Lantai Jembatan Cibuni Cidadap Sukabumi Bolong

Pembangunan jembatan tersebut merupakan tindak lanjut dari survei yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi pada Akhir Februari 2020. 

Pembangunan jembatan pada tahun ini seperti yang sudah disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar.  "Tahun ini akan segera dibangun jembatan penghubung Sukabumi-Cianjur, " ujar pria yang akrab disapa Asjap itu akhir Februari 2020 lalu. 

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Sukabumi Cianjur Memprihatinkan

Menurut Asep, anggaran pembangunan jembatan Cibuni baru bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov). "Pembangunan jembatan baru Cibuni titiknya tidak jauh dari jembatan semula, paling geser sekitar lima meter, masih berdekatan. Kontruksi jembatan rangka baja ukuran panjang 120 meter, lebar tujuh meter, seperti Jembatan Bagbagan," jelasnya.

BACA JUGA: 42 Tahun Tidak Pernah Diperbaiki, Begini Kondisi Jembatan Cibuni Cidadap Kabupaten Sukabumi

Jembatan tersebut sangat penting bagi warga, maka ketika Jembatan Cibuni baru ini dibangun masyarakat termasuk pemerintah desa sangat bersyukur.

"Alhamdullilah ini kabar baik buat masyarakat kami, Insya Allah pembangunan Jembatan Cibuni akan mendongkrak perekonomian warga" tutur Kades Padasenang Sonny Sonjaya. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI