Sukabumi Update

Akses Halo Sosial, 363 Warga Kota Sukabumi Lapor Belum Dapat Bantuan Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - 363 warga melapor belum mendapatkan bantuan sosial, baik bantuan sosial dari pusat, provinsi, ataupun kota melalui layanan call center Halo Sosial yang digagas Pemerintah Kota Sukabumi. Call center tersebut diperuntukkan bagi warga yang terdampak Covid-19 namun belum dapat bantuan.

"363 sampai dengan hari ini. Pukul 11.57 WIB," ucap Kasubag Perencanaan dan Keuangan Dinas Sosial Kota Sukabumi Asep Rahmat kepada sukabumiupdate.com, Kamis (14/5/2020).

BACA JUGA: Warga Kota Sukabumi Bisa Cek Penerima Bansos Corona, Kontak Halo Sosial

Nantinya, aduan warga yang masuk melalui call center Halo Sosial tersebut akan diverifikasi oleh RT/RW melalui kelurahan, dan etika memang dianggap layak maka akan diberikan bantuan.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan program aplikasi berbasis website yang dapat digunakan oleh warga untuk mengecek daftar penerima bantuan sosial Covid-19.

BACA JUGA: Unboxing Isi 5.000 Paket Sembako Kota Sukabumi yang Didistribusikan Hari Ini

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menuturkan, program aplikasi tersebut terintegrasi dengan website gugus tugas Covid-19 tingkat Kota Sukabumi di www.covid19.sukabumikota.go.id.

"Menu di dalamnya ada yang berkaitan dengan bantuan sosial. Warga bisa melihat di menu bantuan sosial pada aplikasi tersebut, apakah dirinya mendapatkan bantuan atau tidak," kata Fahmi kepada awak media usai melakukan penyerahan secara simbolis paket sembako bantuan sosial Kota Sukabumi kepada perwakilan camat, bertempat di Kantor BAPPEDA Kota Sukabumi, Selasa (12/5/2020).

BACA JUGA: Pakai Data RT/RW, 10.000 Paket Sembako Bansos Kota Sukabumi Siap Didistribusikan

Cara pengecekannya, sambung Fahmi, warga Kota Sukabumi hanya tinggal memasukkan nama di kolom pencarian, lalu nama tersebut nantinya akan muncul jika memang mendapatkan bantuan sosial.

"Tinggal masukan nama nanti muncul, baik bantuan sosial dari pusat, provinsi, maupun dari kota, atau bahkan mungkin tidak mendapatkan bantuan sama sekali. Nah ketika dia terdampak dan berhak mendapatkan bantuan tetapi tidak ada namanya di sana, maka bisa mendaftar melalui Halo Sosial," jelas Fahmi.

Warga Kota Sukabumi dapat menghubungi call center Halo Sosial di nomor 0266-245-223 atau melalui WhatsApp di nomor 0857-2271-0261.

"Nanti dari laporan warga tersebut akan dilakukan verifikasi oleh RT/RW melalui kelurahan, ketika memang dianggap layak maka akan diberikan bantuan. Tetap harus terverifikasi di wilayah," pungkas Fahmi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI