Sukabumi Update

Ketua DPRD Dukung Gunung Endut Jadi Kawasan Agrowisata di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengatakan, tahun 2021 sektor wisata menjadi prioritas Pemerintah Daerah Sukabumi untuk menggenjot perekonomian masyarakat. Apalagi Sukabumi ditopang dengan kekayaan sumber daya alamnya.

Salah satunya yang sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata, kata Yudha, yaitu Argowisata Taman Gunung Wayang di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Tempat Wisata di Sukabumi Ditutup Selama Pandemi, Yudha: Rekreasi Bukan Prioritas

Maka dari itu dirinya akan mendukung Taman Gunung Wayang masuk dalam program pembangunan pariwisata Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Hal itu semata-mata untuk memajukan sektor pariwisata di Sukabumi. 

"Maka Kades (Kepala Desa) segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, karena hal itu sangat butuh dukungan dan sinergitas dari semua pihak," ujarnya kepada sukabumiupdate.com seusai mengunjungi Taman Gunung Wayang belum lama ini. 

Ia mengaku sampai saat ini dirinya belum mengetahui desa mana saja yang akan menjadi skala prioritas Pemerintah Daerah Sukabumi untuk pembangunan tempat wisata. Namun ia berharap tempat wisata yang ada di desa-desa dapat dijadikan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Gunung Endut, Dede Mistar, menambahkan Argowisata Taman Gunung Wayang dengan luas 

wilayah sekitar 8 hektare ini diinisiasi agar desa memiliki icon. Pasalnya dengan Argowisata dapat memberdayakan dan memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar.     

BACA JUGA: Yudha Sukmagara Bicara Kesiapan Era New Normal di Kabupaten Sukabumi

"Konsepnya kita terapkan budaya bangunan khas sunda. Saat ini pembangunan sekemampuan kita dulu, masih banyak sarana-sarana umum yang belum selesai. Jadi kalau ada anggaran sisa baru dialokasikan ke pembangunan Argowisata itu. Pembangunan ini telah berjalan selama dua tahun," tuturnya.

Dede menjelaskan, ada beberapa jenis pohon buah yang akan ditanam di Argowisata Taman Gunung Wayang ini antara lain Jambu Kristal 800 pohon, Mangga 20 pohon, Lengkeng 20 pohon, Nangka 20 pohon, Sirsak 20 pohon, Jambu Madu 100 pohon. "Selain itu akan ditamani pohon Jeruk Lemon, Alpukat, dan Durian," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI