Sukabumi Update

1.600 Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Sukabumi Diperbaiki Tahun Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Harapan warga Kabupaten Sukabumi memiliki rumah yang layak huni bakal terwujud. Pasalnya, sebanyak 1.600 rumah tidak layak huni (rutilahu) akan diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi pada Tahun 2020 ini. 

Rutilahu tersebut diperbaiki untuk mengembalikan fungsi dan kualitas tempat tinggal fakir miskin agar layak ditinggali. 

BACA JUGA: Cerita Penghuni Rutilahu di Ciracap Sukabumi, Tidur Berpindah-pindah karena Bocor

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyatakan, perbaikan rumah tidak layak huni ini berbeda dengan program biasanya. Program ini lebih kepada bedah kampung karena beberapa kecamatan mendapatkan kuota lebih untuk perbaikan Rutilahu. Hal itu disampaikan Marwan dalam acara launcing program perbaikan Rutilahu Tahun 2020 dilokasi Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kampung Kebon Jengjeng Desa Limusnunggal Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/8/2020)

"Melalui program bedah kampung ini satu kampung bisa diperbaiki secepatnya hingga layak, kita programkan dikampung ini 40 unit rumah. Untuk satu Kabupaten total 1.600 (rumah) dari (sumber anggarannnya) APBD II dan seluruhnya 4680 an bantuan Provinsi dan Pusat," ungkapnya.

BACA JUGA: Patut Dicontoh, Warga Curug Kembar Sukabumi Gotong Royong Bangun Rutilahu

Marwan menjelaskan bahwa desa harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Adapun program perbaikan Rutilahu ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. 

"Desa sejahtera itu akan berimbas pada kota yang sejahtera, tapi kalau kota sejahtera belum tentu desa akan sejahtera sehingga kita mulai pembangunan dari pinggiran, kegiatan ini merupakan upaya untuk menigkatkan kualitas hidup melalui rumah layak huni sesuai standar," tambahnya.

BACA JUGA: Rumah Reyot Buruh Serabutan di Surade Sukabumi Masuk Program Rutilahu

Sementara itu Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Sukabumi Puji Widodo menyatakan program perbaikan Rutilahu tersebut bertujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak, sehat dan sejahtera bagi masyarakat kurang mampu dan masyarakat berpenghasilan rendah. Puji menjelaskan program tersebut dimulai pada bulan ini.

"Program perbaikan Rutilahu Kabupaten Sukabumi ini dilaksanakan pada Agustus - November 2020," jelasnya.

Selain pembangunan rutilahu, dibangun juga sanitasi untuk warga dilokasi tersebut dimana sebanyak 8 unit WC telah terbangun sampai dengan saat ini.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI