Sukabumi Update

Butuh Dorongan Lembaga Lain untuk Perkuat ZIS Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sukabumi melaksanakan acara pembahasan optimalisasi zakat infak sedekah (ZIS) sekaligus mempublikasikan keberadaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IPHI Kabupaten Sukabumi. Acara dilaksanakan di Gedung Dakwah dan Islamic Center (GDIC) Cisaat, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan yang mengusung tema "melalui silaturahmi kita optimalkan pengumpulan ZIS lewat UPZ IPHI Kabupaten Sukabumi" tersebut dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami. 

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Sukabumi Bidik Potensi ZIS di Minimarket

Dalam sambutannya, bupati mengapresiasi keberadaan UPZ IPHI yang diyakini bisa mendorong capaian Baznas Kabupaten Sukabumi. "Pembentukan UPZ -UPZ Ini, menjadi prioritas Kabupaten Sukabumi. Tentu saja untuk penguatan Baznas  dalam menjawab persoalan keumatan" jelasnya.

Maka dari itu, Marwan bersyukur IPHI membentuk UPZ karena kehadirannya bersentuhan langsung dengan muzakki dan mustahik. "Saya bersyukur IPHI masuk dan bergerak membentuk UPZ. Sehingga bisa mengumpulkan ZIS yang kemanfaatnya untuk umat" ungkapnya.

Selama ini, kata Bupati, Baznas Kabupaten Sukabumi baru mengumpulkan ZIS dari pegawai negeri. Sementara dari masyarakat belum sepenuhnya. "Lembaga lain bisa mendorong dan memperkuat Baznas dengan mengajak masyarakat. Sehingga lewat peran UPZ, akan terlihat peningkatan kualitas hidup masyarakat," terangnya. 

BACA JUGA: Bupati Sukabumi: Kelola ZIS Dengan Baik Bisa Tanggulangi Masalah Sosial

Sementara itu, Ketua PD IPHI Kabupaten Sukabumi Deden Saepudin mengatakan, organisasi yang dipimpinnya sudah memiliki UPZ. Sehingga, IPHI bisa turut serta mengoptimalkan ZIS. 

"PD IPHI Kabupaten Sukabumi sudah diberikan SK dari Baznas untuk mengumpulkan ZIS. Sehingga, kita melalai UPZ IPHI bisa melakukannya," terangnya.

Dengan keberadaan UPZ IPHI, pengurus dan anggota bisa menyalurkan ZIS melalui organisasi ini. "Selain media mempererat silaturahmi kita juga membantu masalah ekonomi dan kesejahteraan umat dengan menyalurkan ZIS lewat UPZ IPHI," paparnya

Dirinya berharap, kegiatan pengumpulan ZIS bisa terlaksana dengan baik. Termasuk berbagai program lainnya di IPHI. "Semoga peran serta UPZ IPHI betul betul terlaksana," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap masalah keumatan dan program IPHI, bupati menyalurkan zakat pribadi melalui UPZ IPHI.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI