Sukabumi Update

Banyak Bangunan Rusak Akibat Banjir Bandang Sukabumi, Pemkab Prioritas ke Infrastruktur

SUKABUMIUPDATE.com - Pjs Bupati Sukabumi, Raden Gani Muhamad mendatangi lokasi banjir bandang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/9/2020). 

Dalam kunjungan itu, Gani berencana memperpanjang masa kerja untuk memperbaiki infrastruktur dan bangunan yang terdampak banjir bandang ini. 

"Rencana setelah tanggap bencana ini kita akan mengevaluasi semua kita akan coba memperpanjang masa kerja transisi untuk recovery, karena setelah dicek lapangan banyak fasilitas yang harus segera diperbaiki," ujar Gani kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

BACA JUGA: Tinjau Lokasi Banjir Bandang Sukabumi, Pjs Bupati Bicara Mitigasi Bencana

Gani mengatakan, dalam masa pasca darurat bencana ini ia meminta semua instansi terkait dan relawan agar mengarahkan bantuan yang masuk sesuai kebutuhan, sehingga tidak tumpang-tindih. 

Lebih lanjut, Gani menjelaskan saat ini yang menjadi fokusnya adalah perbaikan rumah, pipanisasi dan pembangunan kembali jembatan. "Semua akses sudah terbuka. Itu yang utama supaya mobilitas bisa jalan dengan baik," terangnya.

Ia menyebut, Pemkab Sukabumi dalam APBD perubahan akan menggelontorkan dana untuk pemulihan wilayah terdampak ini. Meski demikian, perlu pengecekan lebih lanjut.

BACA JUGA: Myalgia Paling Banyak, Keluhan Kesehatan Korban Banjir Bandang di Cibuntu Sukabumi

"Kami akan cek dulu untuk menggelontorkan dana. Karena APBD perubahan apa bisa masuk BTT (Biaya Tak Terduga) untuk bencana. Tapi yang namanya bencana biasanya Pemda ada BTT," terangnya.

Gani menegaskan, saat ini yang menjadi prioritas utama adalah bangunan yang dapat dicover menggunakan APBD melalui instansi terkait. "Pokonya kita punya konsen, dengan jajaran pak Sekda dan dinas terkait akan bergerak sesuai dengan tugas pokok masing-masing soal bencana ini," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI