Sukabumi Update

Putus 2019, Jembatan Cileuleuy Parakansalak Sukabumi Rampung Diperbaiki

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi telah rampung melakukan renovasi Jembatan Cileuleuy yang berada di Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. 

Dengan demikian jembatan penghubung Desa Sukaresa dengan Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak, dan Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal telah resmi untuk digunakan kembali. Sebagai bentuk syukur, acara peresmian jembatan pun digelar, Rabu (14/10/2020). Acara doa bersama dan potong pita ini dihadiri DPU Kabupaten Sukabumi, kades, muspika dan tokoh masyarakat serta anggota DPRD,

BACA JUGA: Jembatan Cileuleuy di Desa Sukatani Sukabumi Putus

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar mengatakan, sebelumnya jembatan ini tidak dapat dilintasi kendaraan karena putus akibat dampak bencana alam. "Tahun 2019 ada kejadian bencana yang berdampak pada jembatan itu. Sehingga pembangunan ini baru bisa dilakukan pada tahun 2020," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, di lokasi. 

Acara peresmian Jembatan Cileuleuy oleh DPU, kades, muspika dan tokoh masyarakat serta anggota DPRD, Rabu (14/10/2020).

Asep memaparkan, perbaikan jembatan ini dapat dilakukan berkat koordinasi antara pihak Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten. Saat itu juga Bupati Sukabumi, Marwan Hamami memintanya untuk segera merenovasi jembatan tersebut. "Kegiatan ini telah menghabiskan dana sebesar Rp 191.529.000 yang bersumber dari DPA SKPD Dinas Pekerjaan Umum," terangnya.

BACA JUGA: Jembatan Cileuleuy Parakansalak Putus, Ini Jalan Alternatif yang Bisa Dilalui

Asep menuturkan, pembangunan jembatan itu masih perlu dimaksimalkan dengan menerapkan Tembok Penahan Tebing (TPT) dibahu sungai tersebut.  "Untuk pelengkap agar lebih maksimal kita akan kembali pengerjaan dengan menambahkan TPT di sekitar bahu sungai tersebut. Masuk tahun 2021," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukakersa Deden Deni Wahyudin bersyukur dengan selesainya perbaikan jembatan tersebut. Dirinya atas nama pemerintah Desa Sukakersa dan masyarakat, khususnya Desa Sukakersa dan Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak mengucapkan terima kasih kepada Pemkab, bupati, Kadis PU dan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Yamin.

"Mudah-mudahan dengan kembali dibangunnya jembatan ini laju perekonomian kembali lancar dan jembatan ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat Parakansalak dan sekitarnya. Karena jembatan ini merupakan akses vital yang memang dibutuhkan bukan hanya oleh warga Kecamatan Parakansalak saja, tapi Kecamatan Kalapanunggal, Kecamatan Kabandungan yang memang sering menggunakan jembatan yang menghubungkan dua desa ini," jelasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI