Sukabumi Update

Generasi Muda Sukabumi Diajak Mencintai Budaya Lokal

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri kegiatan peringatan hari Wayang Nasional, Sabtu (7/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat Persatuan Pewayangan Dalang Indonesia (Pepadi) Kota Sukabumi, Kampung Ciwaringin, Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros ini menjadi bukti dari komitmen Pemkot Sukabumi dalam upaya melestarikan dan menjaga budaya lokal khususnya wayang.

BACA JUGA: HUT RI ke - 74 di Desa Waluran Sukabumi, Ada Tabligh Akbar dan Wayang Golek Lho!

Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi, Kabid Sosial Budaya, Lurah Jayamekar, tokoh Masyarakat dan karang taruna. Fahmi menyatakan generasi muda harus mencintai budaya lokal diantaranya wayang karena ada nilai sosial budaya yang disampaikan. ''Anak-anak pelajar mulai SD hingga SMA harus mencintai budaya lokal salah satunya wayang,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Sebab ia meyakini nilai historis, filosopis, dan sosial budaya disampaikan melalui wayang akan memberikan pendidikan karakter terbaik untuk generasi muda. Dari pantauannya generasi muda melakukan kegiatan tidak sesuai aturan dan karakter salah satunya karena tidak memahami nilai historis, filosopis, dan sosial budaya setempat.

BACA JUGA: Pentas Wayang Golek Akhiri Event Syukuran Hari Nelayan Pantai Palangpang ke-61

Hal ini jadi tugas bersama baik pemda, seniman dan budayawan dalam menyampaikannya. "Selamat hari wayang nasional harapannya kita mampu melestarikan dan menumbuhkembangkan wayang," kata dia.

Ketua PEPADI Kota Sukabumi Dedi Suryadi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka hari wayang nasional. Di mana acara ini menampilkan pementasan wayang dengan melibatkan seniman dan Pemkot Sukabumi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI