Sukabumi Update

Pemkot Sukabumi Siapkan Anggaran Vaksin dan Laboratorium Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi telah menyiapkan alokasi anggaran untuk pengadaan vaksin Covid-19 tahun depan.

Dikutip dari laman covid19.sukabumikota.go.id, hal itu disampaikan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi usai Rakor Penguatan Warga Peduli AIDS pada 27 Oktober 2020 lalu.

"Rencananya, vaksin tersebut akan diberikan kepada 80 persen penduduk Kota Sukabumi sesuai arahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang diterbitkan oleh pemerintah pusat," kata Fahmi.

Untuk diketahui, pemerintah pusat pada pertengahan bulan Oktober lalu, tengah menyusun rencana pemberian vaksin. Dalam rencana tersebut, ada beberapa kelompok sasaran yang akan mendapatkan vaksin.

BACA JUGA: Update 8/11: Tambahan 2 Pasien Positif Covid-19 di Kota Sukabumi, Total 540 Kasus

Kelompok pertama adalah tenaga medis, TNI/Polri, aparat hukum dan pelayanan publik. Kelompok kedua adalah masyarakat, tokoh agama, dan perangkat daerah seperti kecamatan, aparat desa dan ketua RT serta RW. Kemudian kelompok lainnya adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Persiapan Laboratorium Pemeriksaan

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana dalam talkshow Radio Swara Perintis 93.1 FM beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa saat ini tengah dibangun laboratorium untuk pemeriksaan Covid-19.

"Keberadaan laboratorium sangat diperlukan untuk semakin mempercepat penanggulangan Covid-19," kata Wahyu.

BACA JUGA: Simak Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19 di Kota Sukabumi

Saat ini, lanjutnya, sampel tes swab dari Kota Sukabumi dikirim ke laboratorium Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga untuk hasil tes swab baru dapat diketahui maksimal 7 hari.

"Dengan adanya laboratorium yang dikelola Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, hasil tes swab dapat diketahui dengan cepat. Perlengkapan dan sumber daya manusia untuk laboratorium telah siap, namun masih ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi," lanjutnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI