Sukabumi Update

Rakor Kesiapan di Sukabumi, Kesbangpol Jabar: Pilkada Sekarang Berat

SUKABUMIUPDATE.com - Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 butuh penanganan ekstra karena diselenggarakan di tengah Pandemi Covid-19. Beragam persiapan pun dilakukan termasuk melakukan rapid tes terhadap ribuan petugas KPPS, sebagai upaya antisipasi. 

Hal itu diungkapkan Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad dalam rapat koordinasi (rakor) kesiapan pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jabar, di Hotel Pangrango, Sukabumi, Kamis (12/11/2020). "Mengurangi kekhawatiran, ribuan petugas KPPS akan dirapid tes. Ini sebagai bentuk antisipasi," terangnya 

BACA JUGA: Membaca Komitmen Kandidat Soal Protokol Kesehatan di Pilkada Sukabumi

Menurutnya, KPU dan Bawaslu harus memerhatikan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga penyebaran Covid-19 bisa diantisipasi dengan baik. "Ciptakan kepercayaan masyarakat untuk memberikan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang," bebernya.

Saat ini semua pihak diajak untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. Pemda sendiri, terus berjuang dalam melawan Covid-19. "Pemda bekerjasama dengan semua pihak dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan melawan Covid-19," pungkasnya.

BACA JUGA: Kondisi dan Strategi Kabupaten Sukabumi Dalam Mengawal Demokrasi Ditengah Pandemi

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jabar Iip Hidayat mengatakan, pilkada serentak kali ini cukup berat. Sebab adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan sejumlah negara di dunia. "Pilkada sekarang berat akibat Covid-19. Namun harus berjalan lancar, sukses, dan sehat," ujarnya.

Apalagi, pelaksanaan pencoblosan tinggal menghitung hari. Sebab, masyarakat dijadwalkan untuk menentukan pilihan pada 9 Desember 2020 mendatang. "Tahapan pilkada serentak telah berjalan dan 9 Desember menjadi tanggal pencoblosan," ucapnya.

BACA JUGA: Bebas Covid-19 dan Komorbiditas, Syarat Baru KPPS di Pilkada Sukabumi

Iip menyatakan, target partisipasi pada Pilkada serentak di Jabar sebanyak 8,1 juta dari sekitar 11 juta pemilih. Untuk diketahui terdapat delapan daerah di Jabar akan menggelar pilkada pada 2020, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI