Sukabumi Update

Temukan 124 Kasus Baru, Wali Kota Sukabumi: Tersisa 10 Tahun Hilangkan HIV/AIDS

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember di aula pertemuan RSUD R Syamsudin SH, Selasa (1/12/2020). Momen ini untuk memperkuat kolaborasi dalam meningkatkan solidaritas 10 tahun menuju akhir AIDS 2030.

Kegiatan tersebut dihadiri para pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan para penggiat peduli HIV/AIDS. "Dalam menangani HIV/AIDS, kami aktivasi warga peduli HIV/AIDS (WPA) yang jadi garda terdepan dalam edukasi, dan sosialisasi serta penemuan kasus baru karena berbasis masyarakat,'' ujar Fahmi yang sekaligus Ketua KPA Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Ditemukan 124 Kasus HIV-AIDS Baru di Kota Sukabumi, Pasangan Risiko Tinggi Paling Banyak

Selain itu telah disusun roadmap penanganan HIV/AIDS lintas sektor. Nantinya ketika ada temuan baru dari WPA, lintas sektor akan menindaklanjuti. Saat ini layanan HIV/AIDS berada di RSUD R Syamsudin, Puskesmas Sukabumi dan Selabatu.

Fahmi mengatakan, Kota Sukabumi memang berupaya menemukan kasus baru agar bisa ditangani dengan cepat. Dari Data Dinkes menyebutkan, jumlah kasus baru pada 2018 sebanyak 144, 2019 sebanyak 169, dan ditemukan kasus baru yaitu hingga Oktober 2020 sebanyak 124 kasus.

BACA JUGA: KPA Catat 101 Kasus Baru HIV/AIDS di Kota Sukabumi, Mayoritas Laki-laki

Sementara jumlah kasus secara keseluruhan sejak tahun 2000 hingga Oktober 1.690 kasus. Fahmi mengatakan, bagi pemda dan penggiat AIDS tersisa 10 tahun ke depan target meminimalisir dan menghilangkan kasus HIV yang merupakan target nasional.

KPA lanjut Fahmi, melakukan sosialisasi target ini kepada masyarakat. Harapannya pergerakan berbasiskan warga mampu mempercepat pencapaian target 2030. "Bukan hal mudah tapi harus dilakukan dengan kolaborasi dari berbagai sektor saling menguatkan," kata Fahmi.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI