Sukabumi Update

6 Desember, Seluruh Surat Suara Pilkada Sukabumi Ditargetkan Tiba di 47 Kecamatan

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mulai mendistribusikan perlengkapan untuk Pilkada 2020 di Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/12/2020). 

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, perlengkapkan untuk ajang lima tahunan yang saat ini mulai didistribusikan berupa surat suara, formulir hasil, dan alat coblos. Pendistribusian ini akan dilakukan secara berjenjang ke setiap wilayah di Kabupaten Sukabumi dan ditargetkan selesai pada hari Minggu (6/12/2020) mendatang.

"Barusan secara ceremony memberangkatkan ke Kecamatan Kalibunder dan Ciemas agar kita juga bisa memperkirakan dan memberikan waktu sampai ke desa dan sebagainya," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, usai kegiatan.

Ferry menuturkan, wilayah yang lokasinya jauh diutamakan dalam pendistribusian pelengkapan ini, di antaranya Kecamatan Cidadap, Tegalbuled, Ciemas, dan Kalibunder. Tercatat perlengkapan pemungutan suara yang akan didistribusikan itu sebanyak 1.861.619 lembar surat suara.

BACA JUGA: Sortir Selesai, KPU Temukan 1.006 Lembar Surat Suara Pilkada Sukabumi Rusak

"Pengawalan terjauh itu kepolisian ya, karena dijemput ke sini juga memakai patwal polsek masing masing. Kami di sini mengirimkan kendaraannya saja, dikawal masing-masing polsek tingkat kecamatan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, KPU Kabupaten Sukabumi menemukan 1.006 lembar surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi pada pilkada tahun 2020 ini yang rusak.

Berdasarkan data yang diberikan kepada awak media, total ada 1.861.619 surat suara yang disortir. Dari jumlah itu, 1.860.613 surat suara dinyatakan dalam kondisi baik dan 1.006 lainnya dalam kondisi rusak.

Angka tersebut didapat dari hasil sortir dan pelipatan surat suara yang dilakukan pada tanggal 21-26 November 2020 di Gudang KPU Kabupaten Sukabumi, di Jalan Raya Siliwangi Cibadak. Penyortiran dan pelipatan surat suara ini melibatkan 250 petugas.

Namun surat suara yang rusak tersebut telah diganti dengan yang baru, sehingga proses pendistribusian tetap berjalan sesuai jumlah yang seharusnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI