Sukabumi Update

Jaga di TPS Saat Pilkada Sukabumi, Linmas Pastikan Pemilih Taat Prokes

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memiliki hak pilih akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada pada 9 Desember, besok.

Menjelang pelaksanaan Pilkada, beragam persiapan dilakukan. Diantaranya Satpol PP Kabupaten Sukabumi yang mempersiapkan anggota Linmas untuk diperbantukan dalam pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

BACA JUGA: Linmas Dilibatkan dalam Pengamanan Pilkada Sukabumi, Ini Tugasnya

Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Acep Saepudin melalui Sekretaris Satpol PP Bambang Dwi Laksono mengatakan kurang lebih 10.342 orang anggota linmas akan bertugas di 5.171 TPS. 

"Kita Satpol PP punya satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) kurang lebih 15 ribuan dan yang sudah direkrut melalui KPU dengan masing masing itu per TPS ada 2 orang, belum lagi nanti yang ditugaskan di luar TPS," ujar Bambang.

BACA JUGA: Ribuan Linmas Siap Bantu Amankan Pilkada Sukabumi

Menurut dia, keamanan sejatinya dicover kepolisian dan TNI dan dalam hal ini Satlinmas dan Satpol PP membantu ikut mensukseskan keamanan dan ketertibannya seperti ketika waktu debat calon belum lama ini. 

Dalam pelaksanaan tugasnya, setiap TPS akan ditempatkan 2 anggota Limas yang berjaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS. Di pintu masuk Linmas harus bisa mengatur masyarakat yang akan memilih menerapkan aturan protokol kesehatan (prokes) demi menghindari Covid-19.

BACA JUGA: Putus Penyebaran Covid-19, Satpol-PP Terjunkan Puluhan Linmas di Perbatasan Sukabumi

"Sekarang ada aturan prokes, saya kira cukup berat ya tugas Satlinmas ini, dimana ada 12 langkah prokes. Alhamdulillah kita sudah mencoba melalui kasi trantib kecamatan memberikan bimbingan atau pembekalan kepada para linmas di wilayah masing masing," jelasnya.

Bambang berharap, para petugas linmas dan anggota Satpol PP bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya tanpa ada ekses pada Pilkada nanti yang di laksanakan 9 Desember 2020.

"Yang jelas kami telah membekali kawan kawan Linmas, disiplin diri dengan APD-nya, pahami, analisa, sesuaikan dengan kondisi, kalau ada suatu permasalahan dilapangan agar segera berkordinasi dengan petugas keamanan lainya," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI