Sukabumi Update

Rangkaian Acara Perayaan Tri Suci Waisak 2022 di Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah dua tahun tidak dapat digelar akibat pandemi Covid-19, umat Buddha Sukabumi, Jawa Barat, akan melaksanakan kebaktian pada perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 di Vihara Widhi Sakti, Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (16/5/2022).

Kepada sukabumiupdate.com, Humas Yayasan Vihara Widhi Sakti, Arieffin Natawijaya mengatakan, perayaan Tri Suci (tiga peristiwa penting) Waisak tahun 2022 kali ini bertemakan "Dalam Cinta Kasih semua Bersaudara".

"Jadi, Kalau Agama Buddha itu mengedepankan rasa Cinta kasih rasa sayang terhadap sesama dan umat Buddha itu mempunyai slogan yaitu sabbe satta bhavantu sukhitatta yang artinya adalah semoga semua mahluk berbahagia, terlepas dari rasnya, terlepas dari agamanya, terlepas dari apakah manusia atau bukan (karena kan ada binatang juga) nah semua makhluk itu kita doakan agar semua berbahagia, jadi dasarnya Cinta kasih semoga dalam rasa cinta kasih ini kita semua terutama yang ada di Indonesia yang terdiri dari berbagai ras dan berbagai agama memiliki rasa kesatuan untuk saling bersaudara," kata Arieffin.

Baca Juga :

Perayaan hari Tri Suci waisak ini, lanjut Arieffin, dibuka dengan kebaktian titik-titik Waisak.

"Tadi kita jam 11 sampai 11.45 WIB mengadakan acara kebaktian titik-titik waisak, jadi itu adalah acara pembukaan di hari Tri Suci waisak," tuturnya.

Sementara untuk acara puncak perayaan waisak ini, kata Arieffin, akan digelar Senin (16/5/2022) malam yakni pembaktian umum yang akan diikuti seluruh umat Buddha di Sukabumi. 

"Nanti malam ada pembaktian umat jam 18.30 WIB mulainya. Jadi seperti perayaan waisak itu mengadakan pemasangan lilin, memandikan patung Buddha kecil, selanjutnya hanya kebaktian seperti baca Paritta, Meditasi, dan pembacaan Pesan Waisak," jelasnya. 

Diketahui, Umat Buddha di Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi tercatat ada 500 orang.

"Yang aktif hanya 200 orang, tapi biasanya kalau sebelum pandemi 500 orang itu atau semuanya bisa hadir dalam acara pembaktian umum," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI