Sukabumi Update

Berdayakan Pangan, Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi Terus Galakkan Program Pirus

SUKABUMIUPDATE.com - Dengan luas wilayah 2.246,71 Hektar, Kecamatan Bojonggenteng merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Terdapat 5 (lima) Desa yang masuk dalam wilayah kecamatan Bojonggenteng, yakni Desa Bojonggenteng, Bojonggaling, Cibodas, Berekah, serta Cipanengah. Dari 5 desa tersebut tercatat ada 35 RW dan 148 RT.

Total jumlah penduduk yang mendiami kecamatan Bojonggenteng berdasarkan laporan Triwulan Oktober-Desember 2021 ada sebanyak 40.336 jiwa. Dari total jumlah jiwa tersebut kebanyakan warga Bojonggenteng berprofesi sebagai petani dan buruh.

"Kebanyakan petani dan buruh pabrik, terutama pabrik garmen spesifiknya," ungkap camat Bojonggenteng, Pendi Effendi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga :

Pendi yang menjabat camat Bojonggenteng sejak September 2021 itu pun mengaku, akan tetap menggalakan program yang telah berjalan sambil terus menggali potensi di wilayahnya. 

"Kita terus menjalankan apa yang sudah dijalankan dan yang sudah dilaksanakan oleh camat sebelumnya seperti program pirus (pipir diurus)," jelas dia.

Menurut Pendi, program pirus atau pipir diurus digalakkan untuk memberikan penguatan pada warga masyarakat dalam mengelola lahan yang tidak terpakai di sekitar rumahnya.

"Penanaman umpamanya sayur-mayur, mereka bisa menanam bahkan di polybag, karang taruna bersama kami memberikan arahan manfaat dari pirus ini manakala hasil panennya banyak, tidak harus dikonsumsi semua, mereka bisa jual ke pasar atau karang taruna siap membantu memasarkan juga," tutur Pendi.

Dengan terus menggali potensi lain dan menjalankan program ini kedepannya, Pendi berharap masyarakat bisa mandiri, dan semua warga berdaya terutama dalam perekonomian.

"Kami harapkan kedepannya mereka bisa mandiri, dengan program kedepannya yang akan kami kemas sedemikian rupa sambil terus menjalankan program yang telah ada," pungkasnya.

REPORTER: CRP 4 (BILLIE)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI