Sukabumi Update

Gelombang Tinggi Rusak Puluhan Perahu di Sukabumi, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan perahu nelayan mengalami kerusakan akibat terjangan gelombang tinggi disertai air pasang laut di perairan Laut Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/5/2022) dinihari tadi.

"Dari data awal tercatat sebanyak 30 perahu mengalami rusak berat, 40 perahu mengalami rusak ringan," kata Kasat Polairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar kepada sukabumiupdate.com.

Menurut Tenda, tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sejak pukul 03.00 WIB itu karena puluhan perahu tersebut sedang bersandar. Meski begitu, lanjut dia, kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 2 Miliar.  "Ini data awal, sementara," katanya.

Baca Juga :

Sementara itu, warga pesisir Minajaya, Pelmi menambahkan, bahwa tinggi gelombang yang terjadi pada dini hari tadi mencapai 6 Meter.

Saat kejadian, kata dia, perahu tengah bersandar di tiga tahapan parkiran nelayan. Sebagai informasi kawasan parkir perahu nelayan di Minajaya terbagi menjadi tiga tahapan, pertama dekat pesisir, biasanya hingga dua tiga baris perahu, selanjutnya tahap ketiga yang jauh dari pesisir.

"Yang hanyut itu perahu yang diparkir di tahap kedua dan ketiga. Perahu-perahu di tahap masuk terlempar ke daratan," bebernya.

Kerusakan bervariasi, kata Pelmi, ada ringan, sedang, serta berat. Ada perahu terbelah jadi dua, kincangnya patah, ada juga yang pecah badan perahunya.

"Para nelayan dan pemilik, saat ini sedang mengevakuasi perahunya," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI