Sukabumi Update

28-29 Mei Ditetapkan sebagai Hari Syukuran Nelayan di Tegalbuleud Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Nelayan di Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menetapkan tanggal 28-29 Mei sebagai hari syukuran nelayan. Mereka pun melaksanakan syukuran yang pertama pada tahun ini alias 28-29 Mei 2022.

Ada kurang lebih 1.000 nelayan Tegalbuleud serta warga yang melaksanakan syukuran nelayan di pantai Muara Indah Cikaso di Desa Buniasih, Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Sejumlah acara digelar dalam syukuran ini.

"Dulu pernah sykuran sederhana. Kalau untuk penetapan tanggalnya, dimulai sekarang," kata salah satu panitia, Sadi Kuswara kepada sukabumiupdate.com, Ahad (29/5/2022).

Syukuran neyan yang pertama ini, kata Sadi, diisi berbagai acara seperti pembukaan dengan pemotongan tumpeng serta doa bersama, penanaman pohon di sekitar Muara Cikaso, hingga tabligh akbar yang digelar Sabtu kemarin.

"Ada juga beberapa lomba dan hiburan rakyat," ucapnya.

photoSyukuran nelayan perdana di Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Ahad (29/5/2022). - (Istimewa)

Baca Juga :

Sadi mengatakan kegiatan ini murni menggunakan biaya dari pemilik perahu dengan persiapan hanya dua pekan. Meski sederhana, Sadi menyebut tidak mengurangi makna dari syukuran para nelayan kepada Allah SWT.

"Ini awal tradisi nelayan di Tegalbuleud untuk dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya," kata dia.

Salah satu panitia perlombaan, Hary AY, mengatakan perlombaan yang digelar Ahad ini di antaranya lomba mancing di Muara Cikaso dan panjat pinang. Adapun kesenian kuda lumping hingga pencak silat sudah dipentaskan.

"Hingga malam ini ada pentas hiburan kesenian untuk nelayan dan warga sekitar," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI