Sukabumi Update

Hari Lahir Pancasila, Wabup Sukabumi: Momentum Lebih Memahami dan Mengamalkannya

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional di Pendopo Sukabumi, Rabu (1/6/2022). Iyos mengikuti secara virtual upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur itu.

Mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia", dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan dipilihnya Kota Ende karena memiliki sejarah kuat dengan kelahiran Pancasila.

Di kota Ende, kata Jokowi, Bapak pendiri bangsa Bung Karno merumuskan dan mengumumkan Pancasila yang kemudian disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan selanjutnya menjadi dasar negara Indonesia.

"Saya mengajak anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan dan aktualisasikan Pancasila dalam kehidupan. Pancasila harus tegak di bumi Indonesia, sejarah membuktikan ketika bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian Pancasila tetap tegak berdiri kokoh di negara Indonesia," ujar Jokowi.

Baca Juga :

Presiden mengatakan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila, harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah dan nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

"Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa dan dalam bernegara" tegasnya.

Sementara itu usai mengikuti upacara, Wabup Iyos mengatakan bahwa pada tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila merupakan momentum bagi kita untuk lebih memahami dan mengamalkannya.

"Sesuai dengan arahan Pak Presiden bahwa kita ini sebagai insan, sebagai abdi negara, sebagai manusia Indonesia, wajib dan harus memahami Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Sukabumi, Forkopimda, Perangkat daerah dan unsur lainnya.

SUMBER: WEBSITE RESMI PEMKAB SUKABUMI

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI