Sukabumi Update

Resmikan Gasentra, Wabup Sukabumi Bicara Pelestarian Seni Budaya Sunda

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik adanya Gedung Galura Seni Tradisi atau Gasentra. Sebab, ini mendorong terjadinya penguatan dan peningkatan seni budaya serta melestarikan seni budaya Sunda, khususnya di daerah Pajampangan dan umumnya di Kabupaten Sukabumi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat meresmikan Gasentra di Gedung Gasentra - Jalan Lapang Lodaya RT 09/03 Kelurahan/Kecamatan Surade, Ahad (5/6/2022). "Harapannya ini menjadi embrio di wilayah selatan dalam pengembangan tradisi dan budaya Sunda di Kabupaten Sukabumi," kata Iyos.

Iyos menyebut pemerintah akan mendorong dan mengembangkan sarana dan prasarana untuk melestarikan seni dan kebudayaan sebagai bagian dari pendidikan generasi penerus. "Kerja sama strategis pemerintah daerah dengan Gasentra harus diperkuat untuk mengembangkan seni dan budaya yang perlu dilestarikan," ucapnya.

Iyos berharap tak hanya insan seni dan pegiat kebudayaan, seluruh lapisan masyarakat juga diimbau berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Sukabumi ke arah yang lebih baik, termasuk di bidang seni budaya. "Melakukan berbagai terobosan untuk menghidupkan kegiatan seni budaya secara kreatif dan inovatif," kata dia.

SUMBER: WEBSITE PEMKAB SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI