Sukabumi Update

Distan Sukabumi Bagikan Benih Kedelai dan Jagung Gratis di Penutupan TMMD

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi membagikan benih kedelai serta benih jagung kepada masyarakat yang hadir di acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di lapangan Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kamis (9/6/2022).

Kepala UPTD Pertanian Wilayah Jampangkulon, Yaya Kuswaya mengatakan benih kedelai yang dibagikan sebanyak 100 Kilogram kemudian 150 Kilogram benih jagung.

Baca Juga :

Menurut Yaya, 100 Kg benih kedelai itu cukup untuk 2 hektar ladang dan 150 kg benih jagung tersebut cukup untuk 10 hektar ladang.

Pembagian benih kedelai dan jagung ini, merupakan bentuk partisipasi Distan melalui UPTD Pertanian wilayah Jampangkulon dalam kegiatan TMMD.

“Ini partisipasi dari penyuluh pertanian wilayah VI Jampangkulon yang hadir di acara penutupan TMMD," ujar Yaya. 

Yaya menuturkan, Distan melalui UPTD Pertanian wilayah Jampangkulon membantu mengembangkan produk gula semut kelapa organik serta gula semut aren organik.

Proses produksi air nira kelapa dan air nira aren menjadi gula semut organik dilakukan oleh Kelompok Tani Warungwaru, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap sejak 2 tahun yang lalu.

Yaya mengatakan, ada sekitar 200 pohon kelapa dan ratusan pohon aren di wilayah kerja UPTD Pertanian Jampangkulon yang dijadikan bahan baku gula semut tersebut.

Produksi gula semut organik Mang Pendi, lanjut Yaya, sudah menggunakan kemasan ekonomis isi  250 gram dengan harga Rp 10 ribu yang bisa dijangkau oleh konsumen. Selain itu produknya sudah diekspor ke negara Eropa seperti Belanda. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI