Sukabumi Update

Sukabumi Kini Punya Galeri Arsip, Irman Sufi: Pusat Data dan Kajian Sejarah

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi kini memiliki galeri arsip yang berada di Museum Tionghoa. Museum ini sebelumnya diresmikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada 19 Februari 2022. Acara launching berlangsung pada Selasa (21/6/2022) di Museum Tionghoa, Komplek Danalaga Square, Kota Sukabumi.

Ketua Yayasan Dapuran Kipahare Irman Musafir Sufi mengatakan rangkaian acara launching pada Selasa ini diisi peresmian Pustaka Kipahare, pameran mini yang di dalamnya ada barang kuno, UMKM, hingga oleh-oleh dan kuliner yang berkerja sama dengan Masyarakat Sadar Wisata atau Masata dan SMKN 3 Kota Sukabumi.

"Ini juga dalam rangka milangkala ke-5 Yayasan Dapuran Kipahare dan memperingati Hari Arsip Nasional," kata Irman.

Baca Juga :

Dalam acara ini juga diluncurkan galeri khusus arsip kesukabumian yang diberi nama Galeri Pustaka Kipahare. Ini menjadi pusat data dan kajian arsip atas apa yang dikelola Yayasan Dapuran Kipahare. "Adapun acara hiburan seperti tarian tradisional, silat, dan talk show tentang kuliner Sukabumi dan sejarah lokal," ujar Irman.

Irman menuturkan sebelumnya telah dilaksanakan walk in tour di sekitaran stasiun Kota Sukabumi sampai Museum Tionghoa yang diikuti 20 anak-anak. "Kami pun melakukan tour keliling yang dilakukan di dalam museum dan berencana untuk melakukan night at museum untuk meng-guide pengunjung mengelilingi museum," katanya.

Museum ini menampilkan galeri pamer tentang Tionghoa, galeri arsip benda-benda bersejarah dan beberapa dokumen terkait sejarah Sukabumi. "Ini potensi besar dalam bidang pendidikan. Kita dapat melakukan penelitian mengenai arsip-arsip dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata heritage," kata Irman.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI