Sukabumi Update

Atap Bocor Siswa Pulang, Cerita Dibalik Perbaikan Swadaya SDN Bantaragung Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Atap kelas SDN Bantaragung di Kampung Ciseeng, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki secara swadaya oleh warga dan pengajar. Pekerjaan itu mulai dilakukan Rabu (29/6/2022).

Perbaikan secara swadaya ini merupakan bentuk kepedulian warga terhadap kondisi bangunan sekolah yang didirikan pada tahun 2000 itu. Sebab beberapa ruang tidak dapat dipakai belajar mengajar karena mengalami kerusakan.

Baca Juga :

Salah satu wali murid berinisial MH (45 tahun) menyatakan material bangunan sekolah mulai lapuk di sejumlah titik sejak enam tahun lalu. Kondisi itu diperparah dengan hujan yang terus menerus mengguyur.

"Selain bangunan sekolah cukup tua, penyebab lainnya yaitu pengaruh cuaca. Bilamana hujan turun semua ruang kelas mengalami kebocoran," ungkapnya.

Menurut dia, warga sering melihat siswa pulang lebih awal saat hujan turun. “Para siswa itu memang dipulangkan oleh pengajarnya karena takut gedung sekolah ambruk," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Khusyairin berterima kasih kepada warga serta pengajar yang sudah menyumbangkan tenaganya untuk memperbaiki sekolah tersebut.

“Alhamdulilah warga dan pengajar gotongroyong melakukan pemeliharaan atap gedung sekolah yang sudah lapuk dimakan usia," kata Khusyairin.

Terkait dengan swadaya perbaikan sekolah tersebut, Disdik akan membuatkan dokumen perencanaan. "Karena ada program pemerintah pusat ada yang namanya Danareka, kalau ada partisipasi masyarakat maka akan diberikan bantuan sebaga apresiasi pemerintah," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI