Sukabumi Update

Petani Palasari Hilir Sumringah, DPRD Sukabumi Realisasikan Pembangunan Irigasi

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok tani (Poktan) Tunas Wangi di Kampung Lebakwangi RT 13/02, Desa Palasari Hilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, sumringah sebab jaringan irigasi yang awalnya tak berfungsi baik kini dibangun lagi. 

Perwakilan Poktan Tunas Wangi Saepul Rahman (28 tahun) menyatakan selama ini jaringan Irigasi untuk pengairan sering tersendat. Saat kemarau airnya surut dan ketika hujan longsoran tanah menutupi jalur irigasi.

Baca Juga :

Poktan kemudian menyampaikan kondisi irigasi tersebut kepada wakil ketua komisi II DPRD Tedi Setiadi yang melaksanakan agenda reses I DPRD Kabupaten Sukabumi pada Januari 2022. Hasilnya, melalui DPRD irigasi itu pun dibangun oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Dengan dibangunnya irigasi yang menjadi pokir dewan Tedi Setiadi ini mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas pertanian khususnya sawah," kata Saepul  kepada sukabumiupdate.com, Kamis (7/7/2022)

Masih menurut Saepul, ada sekitar 50 petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunas Wangi yang akhirnya terbantu dengan dibangunnya TPT pada  jalur irigasi sepanjang kurang-lebih 166,6 meter. 

Ketua RT setempat, Iman Mansur mengamini jika jalur irigasi yang mengairi pertanian untik warganya itu seolah tak terurus selama hampir 10 tahun. Dengan adanya bantuan ini ia mengucapkan rasa syukur karena warganya tidak perlu merisaukan lagi soal airair untuk pertanian, 

"Ini manfaatnya banyak sekali untuk persawahan tanaman palawija serta kolam-kolam ikan milik warga," tutur Iman.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI