Sukabumi Update

Gelar Salat Id, Ini Makna Idul Adha Bagi Warga Muhammadiyah di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan jamaah Muhammadiyah Kota Sukabumi menggelar Salat Idul Adha 1443 Hijriah di masjid Al-Umm dan lapangan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kelurahan Cikole, Kecamatan Cikole, Sabtu (9/7/2022) pagi.

Baca Juga :

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Sukabumi sekaligus Ketua Badan Harian UMMI, H. Heriyanto menuturkan makna hari Idul Adha.

“Kita menapaki perjalanan hidup dari Nabiyullah Ibrahim. Banyak hikmah yang bisa kita lakukan sehingga kita diingatkan bagaimana pentingnya ketaatan kita kepada Allah,” ujarnya usai melaksanakan salat Idul adha

Muhammadiyah memaknai hari raya Idul Adha bukan hanya sekedar ketaatan kepada Allah tetapi juga ketaatan kepada perserikatan.

"Kita ingin bahwa majelis tarji yang sudah menetapkan bagaimana perhitungan awal shaum itu ditaati oleh seluruh warga Muhammadiyah dan ini melalui pergulatan yang cukup kuat tidak serta merta,” tuturnya. 

Heriyanto pun menyebut kendati ada perbedaan antara ketetapan pemerintah dengan lembaga mengenai jatuhnya hari Idul Adha, namun toleransi beragama tetap harus terjalin.  

“Alhamdulillah, ketaatan kita kepada sebuah keyakinan dilindungi oleh pemerintah walaupun bisa dikatakan minoritas kalau dari sisi penetapan,” ungkapnya. 

“Kita memberikan rasa bahagia kepada orang lain dan itulah sebaik-baiknya umat. Muhammadiyah yang selama ini konsisten menjadi bagian penyangga masyarakat yang ada di kaum pinggiran sebagai dhuafa, ini menjadi pemicu lagi bahwa perjuangan ini masih harus terus dilakukan,”katanya.

Mengenai pelaksanaan kurban akan digelar di kampus UMMI dan Komplek Cipoho. "Kabarnya ada lebih dari 7 ekor sapi yang akan dikurbankan dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI